logo


Disindir Menteri Basuki Soal Banjir, Anies Jawab: Makin Banyak Kawasan untuk Perumahan

Simak berita selengkapnya

1 Januari 2020 21:55 WIB

Anies Baswedan usai bersepeda
Anies Baswedan usai bersepeda Jitunews/Khairul

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menanggapi sindiran dari Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono yang mempersoalkan belum selesainya program normalisasi sungai Ciliwung sehingga banjir melanda Jakarta pada Rabu (1/1/2020).

Anies Baswedan menegaskan persoalan banjir yang kerap mengepung Jakarta bukan karena normalisasi sungai Ciliwung yang belum selesai melainkan pengendalian air.

"Kuncinya itu ada pengendalian air, sebelum masuk pada kawasan pesisir. Kalau bisa dikendalikan, Insya Allah bisa dikendalikan. Tapi selama membiarkan air mengalir begitu saja, selebar apapun sungainya, maka volume air akan luar biasa. Karena makin banyak kawasan yang digunakan untuk perumahan, sehingga air mengalir ke sungai," ujar Anies yang dilansir dari Suara.com, Rabu.


Pernah Pimpin Jakarta, Anies Dinilai Lebih Baik dari Jokowi

Sebelumnya, Basuki Hadimuljono juga memantau langsung penanganan banjir di Jakarta bersama Anies Baaswedan.

"Namun mohon maaf Bapak Gubernur, selama penyusuran Kali Ciliwung, ternyata sepanjang 33 kilometer itu, yang sudah ditangani, dinormalisasi, 16 km. Pada 16 km itu, kami lihat Insya Allah aman dari luapan," beber Basuki.

Jakarta Dikepung Banjir, Jokowi: Keselamatan Warga Nomor Satu

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati