logo


Malam Tahun Baru, Jalur Pendakian Gunung Merapi dan Merbabu Dijaga Ketat Aparat

berikut penjelasannya

31 Desember 2019 20:48 WIB

taman nasional
taman nasional

SOLO, JITUNEWS.COM - Menjelang pergantian tahun 2019-2020, jalur pendakian gunung Merapi dan Merbabu di Jawa Tengah ditutup. Aparat keamanan yang terdiri dari Kepolisian dan anggota Koramil setempat melakukan penjagaan ketat di pintu jalur pendakian Gunung Merapi dan Merbabu.

"Kami bersama anggota Koramil Selo dan petugas BTNGM melakukan penjagaan di jalur pendakian Merapi di Desa Lencoh dan Merbabu di Samiran Selo, untuk melakukan antisipasi pendaki yang nekat melakukan pendakian pada malam pergantian tahun," jelas Kasi Humas Polsek Selo, Aipda Sugiyantoro di Boyolali, Selasa (31/12).

Sementara itu, Kepala Resor Selo BTNGM Wahid Hadi Wibowo mengatakan bahwa pihaknya telah memasang spanduk yang berisi tentang larangan melakukan pendakian ke Puncak Merapi. Hal itu untuk mencegah para pendaki melakukan pendakian pada malam tahun baru di puncak gunung.


Catat! Pastikan Barang Berikut Kamu Bawa Saat Mendaki Gunung

"Jalur pendakian Merapi sudah lama ditutup, sehingga untuk menjaga agar para pendaki tidak nekat melakukan pendakian di Merapi," katanya.

Pihaknya juga telah berkoordinadi dengan pihak Polsek, Koramil dan desa setempat untuk menjaga agar tidak ada pendaki yang nekat melakukan pendakian meskipun menggunakan jalur pendakian yang tidak resmi.

"Kami juga memasang spanduk tanda larangan bekerja sama dengan pihak desa dan mitra kerja atau relawan setiap desa yang digunakan jalur pendakian. Kami juga sosialisasikan ke desa yang bukan jalur resmi untuk melarang pendaki melakukan pendakian malam tahun baru," terangnya.

Tak Hanya Susunya, Ternyata Boyolali Punya Kopi Lencoh yang Nikmat Tiada Tara

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia