logo


Jelang 2020, Wamenag: Semangat Persatuan Harus Terus Diperkuat

Simak berita selengkapnya

31 Desember 2019 13:26 WIB

Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid
Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Kemenag

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Jelang tahun baru 2020 Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid mengajak masyarakat Indonesia semakin dewasa dalam menyikapi pandangan-pandangan yang berkembang. Hal ini dianggap penting agar kerukunan terus terjalin lebih erat di masa mendatang.

“Terkait dengan kerukunan, tentunya kita berharap masyarakat Indonesia makin dewasa dalam menyikapi pandangan-pandangan, baik pandangan keagamaan dan kemasyarakatan kebangsaan, sehingga kita lebih bisa menatap Indonesia ke depan dengan lebih cerah, lebih baik lagi,” ujar Zainut Tauhid, di kantor Kemenag Jakarta (30/12).

Zainut Tauhid menegaskan semangat persatuan harus terus diperkuat karena menurutnya pada tahun 2020 mendatang tantangan kehidupan keberagaman berbangsa di Indonesia akan berbeda pada tahun ini.


Polemik Boleh-Tidak Mengucapkan Selamat Natal, MUI Hormati Kedua Pendapat

"Tantangannya tentu berbeda. 2019 lebih kepada aspek pemilu, mungkin tantangan ke depan pasti lebih beragam ya. Untuk itu semangat persatuan dan kesatuan harus terus dikuatkan," tegasnya.

Dia juga mengingatkan konsolidasi kehidupan masyarakat harus terus ditingkatkan untuk mempertahankan persatuan dan kesatuan bangsa.

Politisi Asal Partai Kabah itu juga mengingatkan agar terus Bangsa Indonesia bermuhasabah dan meningkatkan spiritual dan juga mengevaluasi diri.

"Ya mudah-mudahan akhir tahun seluruh masyarakat Indonesia melakukan evaluasi, muhasabah, untuk merenungkan, terkait dengan capaian-capaian ibadahnya," tutur Wamenag.

Dia memandang pelaksanaan ibadah yang dilakukan oleh umat beragama bukan hanya akan berdampak pada individu yang menjalankan tapi juga berdampak pada kehidupan sosial di masyarakat.

"Mudah-mudahan ke depan lebih baik, lebih memiliki tingkat manfaat yang besar untuk kepentingan bangsa dan negara ini," harap Zainut Tauhid

Travel Umrah Tak Berizin Kena Sidak, Kemenag: Ini Langkah Preventif

Halaman: 
Penulis : Nurman Abdul Rohman, Aurora Denata