logo


Draft RUU PDP Telah Rampung, Menkominfo Siap Ajukan Jadi Prolegnas

Simak berita selengkapnya

30 Desember 2019 15:12 WIB

Sekjen Partai NasDem Johnny G Plate
Sekjen Partai NasDem Johnny G Plate Jitunews/ Nurman

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Di era digital seperti saat ini data perlindungan data pribadi merupakan hal penting untuk menjaga kedaulatan dan keamanan data di Indonesia. Oleh karena itu pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan berkomitmen melindungi data pribadi ini melalui regulasi perundang-undangan.

Menteri Kominfo, Johnny G Plate, mengungkapkan draft Rancangan Undang-Undang (RUU) Perlindungan Data Pribadi sudah rampung dan siap dibahas di DPR RI.

"UU Perlindungan Data Pribadi (PDP) saat ini sudah selesai draftnya, kita menunggu ampres (amanat presiden) untuk dikirim ke DPR," ujar Johnny di Kantor Kemenko Polhukam (30/12).


Muncul Akun Kemkominfo di Situs Dewasa, Johnny G Plate: Itu Kejahatan, Enggak Boleh

Mengingat pentingnya UU PDP ini, pihaknya segera akan berkordinasi dengan DPR dan mengatur waktu terkait pembahasan RUU ini di parlemen.

"Sambil yang PDP juga penting. Nah tinggal dikoordinasikan menyusunnya bagaimana untuk waktu yang ada di DPR," kata Johnny.

Johnny juga memastikan RUU PDP ini akan masuk dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Prioritas 2020 dari inisiatif pemerintah.

Perlu diketahui Badan Legislasi DPR RI pada rapat sebelumnya telah menyetujui 50 RUU masuk dalam Prolegnas 2020. Kominfo telah menetapkan tiga RUU yang akan dimasukkan dalam Prolegnas diantarnya RUU Data Pribadi, RUU Keamanan dan Ketahanan Siber serta RUU tentang perubahan atas UU Nomor 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran.

Menkominfo Minta Pornhub Blokir Akses VPN, Pakar Siber: Mustahil Dikabulkan

Halaman: 
Penulis : Nurman Abdul Rohman, Aurora Denata