logo


Kereta Bandara Solo Masih Gratis Selama Dua Bulan

berikut penjelasannya

30 Desember 2019 11:51 WIB

timlo.net

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kereta api (KA) Bandara, yang menghubungkan Stasiun Solobalapan dengan Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, Jawa Tengah hingga saat ini masih gratis. Perjalanan dari Stasiun Solobalapan ke Bandara Adi Soemarmo tersebut memakan waktu 19 menit.

"Sekarang masih digratiskan sampai dua bulan, sesuai dengan permintaan Pak Menteri (Menhub Budi Karya Sumadi)," kata Direktur Utama PT KAI (Persero) Edi Sukmoro dikutip dari suara.com, Minggu (29/12) kemarin.

Ia menjelaskan bahwa belum dikenakan tarif tersebut lantaran PT KAI dan PT Angkasa Pura masih perlu menghitung besaran tarif kereta api bandara.


Kemenhub Sambut Positif Skema Kerjasama Pengelolaan Bandara Labuan Bajo

"Belum ada perkiraan juga, perlu hitung semuanya dulu. Ini kan gabungan antara AP I dengan KAI, yang penting tarif terjangkau," katanya.

Ia menyebut bahwa KA bandara yang menghubungkan Stasiun Solobalapan dengan Bandara Adi Soemarmo tersebut berkapasitas maksimal 150 persen. Artinya, kereta tersebut mampu membawa lebih dari kapasitas penumpang maksimal.

"Kapasitas maksimal 150 persen, misalnya kapasitas 200 penumpang, maka maksimal bisa membawa 300 penumpang. Ini semuanya harus mengantongi tiket, kalau permintaan lebih dari itu, sudah berhenti tiketnya," katanya.

Ditjen Hubud Akan Bangun Bandara Baru di Fakfak

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia