logo


BSGL, Pecinta Sugar Glider Asal Bali

Walau terbilang baru, namun perkembangan komunitas ini dari hari ke hari semakin bertambah

23 Maret 2015 14:10 WIB

Ilustrasi
Ilustrasi

BALI, JITUNEWS.COM - Populernya tupai terbang atau yang dikenal dengan sugar glider, rupanya membuat beragam kawula muda berbondong-bondong membentuk komunitas hewan tersebut. Dan Bali Sugar Glider Lovers (BSGL) menjadi salah satunya. Sesuai dengan namanya, kelompok ini merupakan salah satu komunitas pecinta sugar glider yang berpusat di Bali.  

Komunitas ini sudah berdiri sejak 14 juni 2013. Walau terbilang baru, namun perkembangan komunitas ini dari hari ke hari semakin bertambah. Buktinya, kini anggota yang tergabung bersama BSGL berjumlah 100 orang, yang awalnya hanya mencapai sekira 30 orang saja.

Adapun tujuan dari dibentuknya komunitas ini, agar masyarakat tahu apa itu sugar glider, sehingga hewan ini bisa dirawat dan patut dicintai. Bila sudah begitu, pastinya kelestarian sugar glider yang tergolong hewan langka bisa terjaga dengan baik.
 
Oleh karena itu, demi mencapai tujuan tersebut, BSGL kerap melakukan kopdar setiap Minggu sore di Lapangan Renon-Bali. Di kopdar tersebut, BSGL memamerkan sugar glider kesayangan kepada masyarakat awam yang tengah berada di lokasi tersebut. Bahkan, masyarakat bisa foto bareng dengan para sugar glider yang imut.

Selain itu, acara kopdar juga diisi dengan kegiatan saling sharing sesama anggota seputar sugar glider. Mulai dari teknik perawatan, pencegahan penyakit, hingga tata cara beternak sugar glider yang baik dan benar. Bagi Hendrix selaku ketua komunitas, beternak merupakan salah satu bentuk kegiatan menjaga kelestarian sugar glider. Sebab, dengan kegiatan tersebut, perburuan sugar glider di alam liar setidaknya akan berkurang.


Ngaku Cinta Hewan? Coba Gabung Sama Animal Defender

Adapun perawatan sugar glider sendiri, sangatlah mudah dibanding jenis hewan  peliharaan laiinya, seperti kucing ataupun anjing. Sugar glider bisa dipelihara dalam kandang hamters, serta diberikan pouch untuk tempat tidurnya. Kemudian mamalia berkantung ini, juga tak perlu dimandikan, cukup dilap dengan tisu basah yang non alkohol. Sedangkan untuk pakannya, sugar glider bisa diberi bubur bayi yang ditambahkan buah dan serangga, sebagai asupan vitamin dan protein. So simple kan ?

Nah, bagi Anda pecinta sugar glider yang berada di Bali, komunitas ini merupakan wadah yang pas bagi Anda. Anda bisa langsung datang ke Lapangan Renon, untuk bisa kumpul bareng bersama. Selain itu, Anda juga bisa membuka fanpage Facebook-nya.

911 For Dogs : Jangan Biarkan Anjing Terlantar

Halaman: 
Penulis : Christophorus Aji Saputro, Hasballah