logo


Sesalkan Setnov Tanggung Pengobatan RSPAD, Ombudsman Sebut Harusnya Dibiayai Negara

Simak berita selengkapnya

30 Desember 2019 05:40 WIB

Merdeka.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Anggota Ombudsman Adrianus Meliala menyesalakan biaya pengobatan Setnov di tanggung sendiri. Ia menyampaikan tahanan harusnya dibiayai oleh negara, bukan malah membayar sendiri dengan ruangan VIP.

"Mungkin enggak bisa, itu masalah akuntabilitasnya menurut saya. Bukan kepada warganya tapi pada pihak negaranya. Sudah merampas kemerdekaannya, tapi kemudiaan saat yang bersangkutan sakit, kok yang bersangkutan menggunakan biaya sendiri," ujar Adrianus usai sidak ke RSPAD Gatot Soebroto, Minggu (29/12/2019).

Adrianus menyampaikan bahwa di dekat Lapas Cipinang ada RS Pengayoman, sehingga tidak perlu jauh ke rumah sakit lain. Namun demikian, ia meminta kualitas rumah sakit tersebut ditingkatkan.


Didiagnosa Terkena Penyakit Autoimun, Ini yang Dirasakan Ashanty

"Jadi mungkin perlu kita pertanyakan juga, bukan hanya konteks Pak Setya Novantonya, tapi pada yang lain-lain. Bahwa seyogyanya anggaran negara itu diperbesar atau sekarang ini ada rumah sakit Pengayoman, nah seyogyanya rumah sakit Pengayoman ditingkatkan kelasnya," tuturnya.

Kepala Sukamiskin Abdul Karim menyampaikan bahwa Setnov mengalami demam dan bintik-bintik merah dipunggungnya. Ia dirawat di ruang VIP Lantai 5 Paviliun Kartika RSPAD Gatot Soebroto.

Banyak Instansi Negara Tak Jalankan Rekomendasi Ombudsman, Mahfud Md: Saya Jadi Sedih

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati