logo


Sering Dilakukan! 4 Kesalahan Ibu Milenial dalam Kelola Keuangan Keluarga

Simak berita selengkapnya

29 Desember 2019 05:59 WIB

Ibu rumah tangga mengatur keuangan keluarga
Ibu rumah tangga mengatur keuangan keluarga istemewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Dalam sebuah rumah tangga, ibu sering diberikan tugas untuk mengelola keuangan keluarga. Alih-alih lebih teliti dan cermat, ternyata banyak para ibu khusunya ibu milenial yang justru mudah tergoda sehingga membuat kesalahan dalam mengatur keuangan keluarga.

Perencana keuangan Prita Hapsari Gozie menuturkan beberapa kesalahan yang sering dilakukan ibu milenial dalam mengatur keuangan keluarga. Dikutip dari buku "Money Smart Parents" yang ditulisnya bersama Nadya Mulya, di Jakarta, beberapa pekan lalu. Berikut kesalahannya:

1. Mudah terpengaruh


Jangan Berlindung di Bawah Pohon! Begini Cara Aman Menghindari Sambaran Petir

"Ibu-ibu biasanya gampang terpengaruh dari ibu-ibu lain, bisa jadi racun positif atau negatif, kita mesti melihat kemampuan finansial kita. Kita pengennya sama atau merasa kebutuhannya sama, tetapi kemampuannya lain," ujar Prita.

2. Pola pikir yang menggampangkan pinjaman

"Jadi, para ibu merasa ah nanti semua selesai. Pada saat itu semua menumpuk, rencana tinggal rencana. Pusing dalam pembayaran," tambahnya.

3. Faktor emosional

"Namanya juga di masa perubahan ya. Orang tua baru ini menghadapi situasi dan tantangan baru. Banyak sekali yang mengaitkan konsumsi dengan emosi," jelas Prita.

4. Kurangnya pemahaman tentang investasi

Banyak ibu yang kadang merasa tidak enak mengikuti ajakan teman untuk berinvestasi. "Padahal, belum tentu investasi itu yang dibutuhkannya dan sesuai dengan anggaran keuangan saat ini," pungkasnya.

 

5 Bahan Makanan Ini Cocok Dikonsumsi Saat Musim Hujan

Halaman: