logo


Jangan Berlindung di Bawah Pohon! Begini Cara Aman Menghindari Sambaran Petir

berikut penjelasannya

27 Desember 2019 10:16 WIB

Ilustrasi Petir
Ilustrasi Petir Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Awal musim hujan seperti ini seringnya terjadi hujan lebat yang disertai dengan petir. Berikut ini cara untuk meminimalisir resiko tersambar petir yang dihimpun dari akun twitter Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), @infoBMKG

1. Segera masuk kedalam ruangan atau kabin mobil jika kamu sedang berada di luar ruangan saat mendengar suara petir.

2. Hindari berenang saat hujan. Hal ini disebabkan karena air adalah konduktor atau media penghantar aliran listrik. Segera naik dan menjauh dari kolam renang saat terjadi sambaran petir.


Anak Kecanduan Gadget? Jangan Khawatir, Yuk Lakukan Tips Jitu Ini

3. Jangan pernah berlindung di bawah pohon terutama saat hujan deras melanda disertai petir. Energi listrik dari pohon yang tersambar petir akan melompat ke tubuhmu.

4. Segera menjauh dari menara, tiang listrik atau benda tinggi yang rentan tersambar petir.

5. Jangan berada di wilayah dataran luas seperti sawah, padang rumput, lapangan, dll. Petir akan mencari tanah untuk melepas energi listrik.

6. Jangan memaksakan diri untuk tetap mengendarai motor saat hujan lebat disertai peir. Sebaiknya kamu berteduh dan berlindung ke tempat yang aman.

7. Saat berteduh di luar ruangan seperti di emperan toko, dll, usahakan atur jarak dengan orang sekitar agar terhindar dari lontaran energi.

Dilansir dari kumparanSAINS, Dr. Ir. Syarif Hidayat, Ahli Petir dari Sekolah Tinggi Elektro dan Informatika (STEI) di Institute Teknologi Bandung (ITB) menyampaikan jika anda berlindung di bawah pohon, atur jarak anda setidaknya dua meter dari pohon tersebut. Hal ini penting untuk diperhatikan karena jika terlalu dekat dengan pohon, anda akan terimbas energi listrik jika petir menyambar pohon tersebut.

Selain itu, ia juga menyarankan jika anda sedang berada di tempat terbuka seperti sawah, lapangan atau padang rumput, segeralah berjongkok di tempat atau membuat posisi yang rendah selama setidaknya 30 menit saat petir menyambar.

Luar Biasa Ini Manfaat Beras Kencur untuk Kesehatan yang Perlu Kita Tahu

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia