logo


Eks Kepala BIN Minta Prabowo Tuntaskan OPM di Papua, Begini Tanggapan Jubir

Simak ulasan selengkapnya

27 Desember 2019 09:14 WIB

Prabowo Subianto
Prabowo Subianto Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Eks Kepala Badan Intelejen Negara (BIN) AM Hendropriyono meminta semua jajaran di pemerintah, termasuk Menteri Pertahanan Prabowo Subianto agar menuntaskan masalah Organisasi Papua Merdeka (OPM) di Papua.

Juru Bicara Menhan, Dahnil Anzar Simanjuntak menyebut masalah Papua sudah masuk dalam daftar pekerjaan Prabowo.

"Sejak awal menjabat, salah satu perhatian Pak Prabowo adalah masalah Papua secara keseluruhan. Beliau terus-menerus berkoordinasi dan memastikan Papua damai dan terjaga keamanannya di satu sisi," kata Dahnil, dikutip dari laman Detik (27/12).


Ratna Sarumpaet: Salah Kemarin, Saya Masuk Timnya Pak Prabowo

Tak hanya masalah OPM, Dahnil mengatakan bahwa Prabowo juga memastikan dukung rakyat Papua terhadap NKRI seta melakukan diplomasi internasional guna menyelesaikan masalah di Papua.

"Di sisi lain Menhan paham betul bahwa yang paling urgen dilakukan saat ini, selain memastikan keamanan dan gerakan OPM di teritorial, tetapi juga memastikan dukungan rakyat Papua terhadap NKRI, dalam bahasa beliau winning mind and heart of the people, dan tentu diplomasi internasional," ujar Dahnil.

Lebih lanjut, Dahnil mengatakan bahwa Prabowo terus melakukan koordinasi dengan Menteri Luar Negeri (Menlu), Retno Marsudi terkait diplomasi internasional tersebut.

"Menhan terus berkoordinasi dengan Menlu terkait dengan diplomasi internasional, terutama terkait upaya-upaya preventif dunia internasional salah memahami terkait dengan apa yang sesungguhnya terjadi di Papua. Apa yang disarankan Pak Hendro benar dan sejak awal dilakukan oleh Pak Prabowo," kata Dahnil.

Polemik Mundurnya Wentius, Mahfud MD: Itu Biasa Saja

Halaman: 
Penulis : Raka Kisdiyatma