logo


Tiga Petani Pendemo Presiden Jokowi Ditangkap Polisi, Warganet: Sudah Tidak Kaget Lagi

Simak berita selengkapnya

26 Desember 2019 17:00 WIB

istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Tiga petani yang berunjuk rasa saat Presiden Joko Widodo berkunjung ke Tuban telah ditangkap oleh kepolisian setempat pada Selasa (24/12) lalu.

Ketiga petani itu bernama Wawan, Mashuri, dan M. Basori. Mereka merupakan warga Sumurgeneng, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban.

Manajer Kampanye Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Jawa Timur, Wahyu Eka Setyawan, mengatakan penangkapan ketiganya dilakukan saat adanya unjuk rasa penolakan pembangunan kilang minyak milik PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) di Tuban.


Faldo Maldini Ikut Pilkada, Ferdinand: Baru Hanya Daftar di Demokrat, Belum Maju Pilkada dari Demokrat

Ketiga petani itu memanfaatkan momentum kedatangan Presiden bersama Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir serta rombongan untuk meninjau pembangunan kilang minyak yang mayoritas sahamnya dikuasai oleh pemerintah tersebut.

Seperti diketahui, Jokowi menargetkan pembangunan kilang minyak terbesar di Indonesia itu rampung dalam tiga tahun.

"Alasan penahanan tersebut diduga terkait dengan kunjungan Jokowi beserta pejabat tinggi negara ke tapak kilang minyak," kata Wahyu, dikutip dari Tempo pada Kamis (24/12).

Wahyu mengatakan polisi menangkap ketiga petani Jenu tersebut saat hendak membentangkan spanduk berisi penolakan terhadap pembangunan kilang minyak di tanah mereka.

Selain itu, polisi juga diduga merampas telepon seluler ketiga warga tersebut, lalu menghapus isinya. "Penangkapan ini tanpa adanya alasan atau bukti bahwa petani telah melakukan pelanggaran tindak pidana," ujarnya.

Kabar yang telah tersiar di akun Instagram tempodotco itu sudah memantik ribuan komentar dari warganet. Sebagian besar dari mereka menyayangkan tindakan polisi terhadap ketiga petani tersebut.

“Sudah tidak kaget lagi,” kata kanjengyuichiro

“Demokrasi sudah mati,” tutur ilhamibrhm__

“Bukannya berlaku kemerdekaan menyampaikan pendapat?” ujar akoe.nk.

“Ini berita di thailand kan? Presiden dan polisi indo gak akan mungkin gini,” tulis aqfiazfan.

Kabar Baik! Ratna Sarumpaet akan Hirup Udara Bebas Hari Ini

Halaman: 
Penulis : Iskandar