logo


Luar Biasa Ini Manfaat Beras Kencur untuk Kesehatan yang Perlu Kita Tahu

berikut penjelasannya

26 Desember 2019 15:14 WIB

Jamu Beras Kencur
Jamu Beras Kencur
dibaca 745 x

Jamu atau obat tradisional dipercaya aman dalam mengobati berbagai macam masalah kesehatan. Manfaat jamu beras kencur dipercaya dapat mengobati beberapa penyakit dan menambah stamina tubuh. Rempah tradisional ini termasuk dalam kategori rimpang (akar-akaran) tanaman obat yang telah lama dibudidayakan di Indonesia.

Berikut ini adalah manfaat mengkonsumsi beras kencur seperti dikutip dari Twitter @Kurma_Saffron:

1. Sebagai Tonikum


Akhirnya Terungkap, Begini Pertarungan Antara Roger dan Whitebeard!

Meningkatkan aktivitas dan konsentrasi serta menghilangkan rasa lelah/penat. Baik dikonsumsi untuk dewasa dan anak-anak karena banyak mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh.

2. Meningkatkan nafsu makan

Apabila Anda atau anak Anda susah makan/sulit menaikkan berat badan karena rendahnya nafsu makan, maka Anda bisa mengkonsumsi jamu beras kencur untuk mengatasi masalah berat badan ini

3. Mengobati Infeksi

Mengobati penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri karena kandungan dalam beras kencur mengandung zat-zat yang bersifat antibakteri.

4. Meredakan Peradangan

Beras kencur memiliki sifat antiinflamasi yag dapat meredakan karena ada senyawa di dalam jamu beras kencur yang mampu mencegah lepasnya zat yang dapat merangsang radang. Dapat dikonsumsi dalam bentuk minuman atau menggunakannya untuk pemakaian luar dengan mengolesi beras kencur pada bagian yang nyeri.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Mengonsumsi jamu beras kencur secara teratur dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan lebih baik, karena beras kencur mengandung antioksidan yang mampu menghalau radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.

6. Mencegah penyakit kanker

Beras kencur memiliki sifat anti kanker karena mengandung etil p-metoksisinamat yang menghambat proliferasi sel karsinoma hati hepatoseluler. Hambatan pada proliferasi sel karsinoma hati hepatoseluler bisa mencegah terjadinya penyakit kanker.

7. Memberikan Sensasi Ketenangan

Mengandung etil p-metoksisinamat dan etil cinnamate yang dapat menenangkan perasaan sehingga lebih rileks.

8.  Mengobati kencing batu

Terdapat senyawa yang bisa menghancurkan endapan zat-zat di dalam saluran kemih atau disebut juga batu ginjal.

9. Mengatasi masuk angin dan flu

Sebagai alternatif dari terapi bekam untuk mengeluarkan udara dari dalam tubuh.

10. Mengobati batuk

Dapat mengencerkan dahak sehingga tenggorokan menjadi lega dan rasa gatal ditenggorokan hilang.

11. Bisakah untuk melangsingkan tubuh?

Mungkin Anda bingung karena sebelumnya telah disebutkan bahwa manfaat beras kencur dapat meningkatkan nafsu makan lalu bagaimana mungkin bisa bermanfaat juga untuk melangsingkan tubuh.

Hal ini dikarenakan beras kencur  juga meningkatkan stamina tubuh, sehingga Anda tidak mudah lelah dan lapar. Kencur dalam racikan jamu beras kencur dapat menurunkan berat badan dan melangsingkan tubuh.

12. Menyembuhkan diare

Kandungan antioksidan dan antiinflamasi di dalam kencur dapat memperbaiki kondisi pencernaan yang sedang terganggu.

Digunakan untuk pemakaian luar. Caranya haluskan 2 rimpang kencur dan 2 siung bawang merah lalu bungkus dengan daun pisang. Setelah itu letakkan campuran tersebut di atas api sebentar saja agar hangat kemudian balurkan di atas perut.

13. Meningkatkan vitalitas pria

Satu lagi manfaat beras kencur yang jarang diketahui adalah dapat meningkatkan vitalitas pria.

 

 

Ditulis oleh: Meiliyah Deskaya

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

5 Karakter Straw Hat Pirates One Piece yang Belum Menguasai Haki!

Halaman: 
Admin : Tino Aditia