logo


Minum Susu Itu Baik, Tapi...

berikut penjelasannya

24 Desember 2019 14:50 WIB

Ilustrasi - istock
Ilustrasi - istock

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Susu merupakan salah satu sumber kalsium yang sangat baik untuk tubuh terutama tulang. Ternyata, susu juga berdampak buruk bagi kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan. Berikut beberapa dampak buruk akibat minum susu secara berlebihan seperti dikutip dari health.detik.com.

1. Gangguan pencernaan

Perut terasa mual, sakit, mengalami diare, dan penuh bergas, meskipun gejalanya beragam pada setiap orang. Hal ini disebabkan karena tubuh tidak toleran terhadap kandungan laktosa yang terlalu tinggi, sehingga tidak bisa memecah gula utama yang ada pada susu.


Perokok Wajib Tahu, Ini Minuman yang Baik Dikonsumsi

2. Menambah berat badan

Susu biasanya mengandung sekitar 140 kalori, sehingga dapat mempengaruhi kenaikan berat badan terutama jika terlalu banyak dikonsumsi. Sebaiknya, jika kamu merasa berat badanmu bertambah secara signifikan, beralihlah ke susu skim yang hanya mengandung sekitar 90 kalori.

3. Menyebabkan alergi

Gejala yang umumnya terjadi saat mengalami alergi susu, seperti batuk, sakit perut, dan muntah-muntah beberapa saat setelah minum susu.

4. Patah tulang

Kalsium pada susu memang bagus untuk tulang. Namun, jika asupan kalsium terlalu tinggi, tulang justru lebih rentan dan beresiko untuk mudah patah terutama pada kaum wanita.

5. Mengganggu penyerapan zat besi

Minum terlalu banyak susu juga akan mempengaruhi penyerapan zat besi serta mengurangi efektivitas penyerapan nutrisi yang penting bagi tubuh. Batasi konsumsi susu terlebih pada anak berusia dibawah 5 tahun maksimal 3 gelas sehari.

 

Tak Disangka, Memandang Pria Tampan Ternyata Ada Manfaatnya Loh

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia