logo


Tawarkan Lokasi Budidaya Lobster di Pangandaran, Ridwan Kamil Dikritik Susi: Mestinya Pimpinan Daerah Belajar Mendalami...

Simak berita selengkapnya

24 Desember 2019 11:00 WIB

istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti kembali menunjukkan kepeduliannya terhadap salah satu kekayaan laut Indonesia, yakni lobster.

Kali ini, ia menanggapi wacana Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang ingin menjadikan Pangandaran sebagai lokasi pembudidayaan lobster. Hal itu menyusul kabar Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang tengah mencari lokasi budi daya lobster dalam negeri.

Menurutnya, setiap kepala daerah harus memahami kebijakan publik. Selain itu, perlunya mengetahui kebutuhan masyarakat sebagai landasan dalam membuat suatu kebijakan.


Gandeng FAO, KKP Berhasil Kembangkan Pakan Ikan Patin Berkualitas

“Mestinya Pimpinan daerah belajar mendalami suatu kebijakan publik sebelum mengatakannya ke publik. Bertanya ke masyarakat di daerahnya apa yang terbaik untuk mereka dan lingkungannya,” kata Susi di Twitter, dikutip pada Selasa (24/12).

Unggahan tersebut berhasil memantik netizen untuk memberikan komentar. Banyak yang sepakat dengan pendapat yang disampaikan oleh Susi. Selain itu, dukungan pun tak berhenti mengalir kepada dirinya.

“Sebuah kebijakan memang sebaiknya merupakan hasil proses pengkajian menyeluruh untuk jangka panjang, bukan sebuah hasil keputusan reaksioner sesaat terhadap masalah yang lagi trend saat itu yang bersifat jangka pendek,” ujar akun @Thinktoreason.

“Jadi intinya ibu belum sepakat dengan tawaran bang @ridwankamil tentang budi daya lobster di Pangandaran dengan alasan yang ibu kemukakan di atas. Jangan lelah untuk memberi penjelasan tentang lobster ini bu,” tulis akun @kupra_tubagus.

Sebelumnya, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) tengah mencari lokasi budi daya lobster dalam negeri. Ridwan Kamil yang mendengar itu sontak menawarkan Pangandaran sebagai titik pembudidayaan lobster.

Emil, sapaan Ridwan Kamil mengaku wilayahnya punya beberapa lokasi yang cocok untuk budi daya benih lobster. Ia menyebut sejumlah wilayah seperti Pangandaran, Garut, dan Sukabumi.

“Kalau boleh saya mengusulkan, Pantai Selatan Jawa Barat. Bisa Pangandaran, bisa Pelabuhan Ratu, bisa Garut Selatan. Saya kalau itu ada, kami tawarkan kepada Menteri di situ saja,” kata Emil di Gasibu, Kota Bandung, Senin (23/12).

Tegas! Erick Thohir Sebut Tak Ada Nama Susi Pudjiastuti di Calon Bos BUMN

Halaman: 
Penulis : Iskandar