logo


Nantikan !! Batam akan Bangun Agrowisata Seluas 112 Hektar

Di lokasi ini nantinya akan dikembangkan beberapa jenis pertanian, seperti sayur-mayur dan buah-buhan

23 Maret 2015 09:58 WIB

Ilustrasi
Ilustrasi

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Demi meningkatkan sektor pariwisata, Badan Pengusahaan Kawasan Pedagangan dan Pelabuhan Bebas Batam, tengah merancang pembangunan agrowisata, di area seluas 112 hektare yang berada di Sei Temiang. Agrowisata tersebut nantinya berfungsi sebagai tempat pariwisata, penelitian, dan edukasi.

Menurut Tato Wahyu, Direktur Pemukiman dan Agribisnis BP Batam, tahun 2015 rencana detailnya sedang disiapkan. Dan bila tak ada halangan, pada tahun 2016, fasilitasnya akan segera dibangun.

Di lokasi tersebut nantinya akan dikembangkan beberapa jenis pertanian, yang mencakup sayur-mayur dan buah-buhan. Selain itu, akan didirikan pula tempat pembudidayaan ikan, dan peternakan sapi. Sehingga nantinya, pengunjung yang datang, akan merasakan paket agrowisata yang lengkap.  


Kabar Gembira! Pemkab Solok Akan Kembangkan Kebun Manggis Jadi Agrowisata

Selain itu, Agrowisata Sei Temiang Batam nantinya akan dibagi dalam tiga zona, dengan pembangunan secara bertahap. Zona pertama adalah kawasan pertanian, kawasan untuk kedatangan wisatawan dan bangunan pendukung, serta landmark. Sedangkan untuk yang kedua akan dibangun kawasan peternakan dan terakhir adalah sona rekreasi. Bahkan, saat ini sudah ada 30 petani yang siap untuk diberdayakan.

Tak hanya itu, lokasi yang dipilih juga sangat strategis dan mudah dijangkau dari Pelabuhan Domestik Sekupang, Pelabuhan Internasional Marina dan Sekupang. Jadi pemilihan lokasi di Sei Temiang merupakan pilihan yang tepat. Hebatnya, rencana pembangunan agrowisata ini juga mendapat dukungan dari Balai Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pertanian. Semoga...

Serunya Wisata Sambil Belanja Kain Sutra di Kota Sengkang Makassar

Halaman: 
Penulis : Christophorus Aji Saputro, Hasballah