logo


Soal SKT Ormas, FPI: Tidak Ada Kewajiban Mendaftar

Simak berita selengkapnya

21 Desember 2019 14:00 WIB

Jubir FPI, Munarman.
Jubir FPI, Munarman. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Sekretaris Umum DPP Front Pembela Islam (FPI) Munarman angkat bicara terkait organisasi kemasyarakatan (ormas) yang harus mendaftarkan diri ke Kementerian Dalam Negeri demi mendapat surat keterangan terdaftar (SKT).

Menurutnya, langkah tersebut tidak perlu dilakukan oleh suatu ormas, khususnya FPI. "Tidak ada kewajiban mendaftar juga kok," tutur Munarman, sebagaimana dilansir dari CNN Indonesia, Sabtu (21/12).

FPI seperti kata Munarman, telah memenuhi persyaratan yang diminta Kemendagri guna mendapatkan perpanjangan SKT sebagai ormas.


Perpanjangan Izin Masih Gantung, FPI: Kami Akan Jalan Sendiri!!

Namun, hingga kini SKT FPI belum diperpanjang oleh Kemendagri. Oleh karena itu, ujar dia, pihaknya sudah menyerahkan tindak lanjutnya kepada pemerintah.

"Dari kami sudah melengkapi syarat. Sudah menyerahkan semua kelengkapan administrasi. Urusan mau diterbitkan atau tidak sudah bukan urusan kami," tuturnya.

Seperti diketahui, masa berlaku SKT FPI telah habis sejak 20 Juni lalu. FPI pun telah mengajukan perpanjangan SKT. Namun, berkas dikembalikan oleh Kemendagri lantaran ada syarat yang belum lengkap.

Malas Perpanjang Izin, FPI: Enggak Ada Gunanya

Halaman: 
Penulis : Iskandar