logo


Soroti Kursi Kosong saat Sidang DPR, Formappi: Kehadiran Mereka Cuma 49,57%

berikut penjelasannya

19 Desember 2019 21:29 WIB

istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) menyoroti tingkat kehadiran anggota DPR saat sidang. Peneliti senior Formappi M Djadijono mengatakan bahwa tingkat kehadiran anggota di masa sidang I 2019-2020 memang lebih baik dari periode sebelumnya namun masih saja ada sejumlah wakil rakyat yang mangkir dari sidang.

"Meski tampak banyak yang berkomitmen meningkatkan kinerja, tapi kita lihat kehadiran dalam rapat paripurna tidak signifikan meski lebih baik. Sifat bolos, mangkir dari sidang masih melekat juga pada yang baru, padahal baru dilantik," kata Djadijono dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (19/12).

Ia menilai seharusnya masa sidang I menjadi momen anggota DPR menunjukkan semangat dan komitmen dalam bekerja.


Jumlah Perempuan di Parlemen Sedikit, Anggota DPR RI: "Perempuan Punyai Hak dan Kesempatan yang Sama"

"Kalau rapat paripurna untuk ambil keputusan suara terbanyak berdasarkan anggota, ini tentu mencederai demokrasi," ujar Djadijono.

"Sebagai awal masa keanggotaan, kalau banyak yang mengkir itu langkah awal yang tidak elok. Beberapa rapat paripurna," imbuh dia.

Djadijono mencatat satu-satunya sidang paripurna yang dihadiri oleh segenap 575 anggota DPR RI adalah sidang paripurna saat mereka dilantik pada 1 Oktober lalu. Setelah itu, sidang tidak pernah lagi dihadiri oleh wakil rakyat secara lengkap.

Bahkan, sidang paripurna pengambilan sumpah pimpinan DPR, masih pada hari yang sama dengan pelantikan, lebih dari setengah yang tidak hadir.

"1 Oktober memang 100 persen. Tapi 1 Oktober jam berikutnya, ketika menyaksikan pengambilan sumpah pimpinan DPR, kehadiran mereka cuma 49,57 persen," ungkap dia.

"Bahkan, penutupan yang hadir tidak mencapai 575. Hanya 357. Padahal ini penutupan masa sidang. (Persentase kehadiran) 62,09 persen," tandas Djadijono.

Soal Ijin FPI, Wakil Ketua DPR RI: Nanti Kita Lihat Hasilnya

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia