logo


GSMA Prediksi Tahun 2025 Indonesia Bisa Nikmati Jaringan 5G

berikut penjelasannya

18 Desember 2019 19:05 WIB

Jaringan 5G
Jaringan 5G tribunnews.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Jaringan 5G diprediksi oleh Global System for Mobile Communication Association (GSMA) akan hadir dan tersedia di Indonesia pada tahun 2025. Hal tersebut berdasar pada sejumlah persiapan yang sudah dikerjakan oleh pihak terkait termasuk operator selular dan Kemenkominfo.

"Kami memprediksi Indonesia akan meluncurkannya (5G) pada 2025. Kami sebenarnya mengharapkan sebelum itu (2025), tapi kami yakin pada 2025 Indonesia akan menggelar 5G," kata Julian Gorman - Head of GSMA Asia Pacific di Jakarta (18/12).

Seperti diketahui, belakangan ini sejumlah operator seluler tengah melakukan uji coba jaringan 5G seperti smart city hingga sektor edukasi. Gorman juga menyebut beberapa operator di Indonesia sudah melakukan sejumlah pengujian, salah satunya Telkomsel yang pernah melakukan uji coba bus otonom sewaktu penyelenggaraan Asian Games 2018 yang lalu.


Oppo Find X2 Bakal Jadi Ponsel Pertama Snapdragon 865

Julian Gorman mengungkap bahwa saat ini pihaknya juga tengah bekerjasama dengan Kemenkominfo untuk mempersiapkan jaringan 5G. Salah satu bentuk kerja sama tersebut adalah menentukan frekuensi yang cocok untuk spektrum 5G.

"Kita kerja sama dengan Kemenkominfo, salah satunya untuk menentukan frekuensi mana yang cocok untuk spektrum 5G," ujarnya.

Sebelumnya, Kemenkominfo sendiri sudah menyiapkan beberapa frekuensi mencakup 700MHz, 800MHz, 2,6GHz, 3,5GHz, 26GHz dan 28GHz untuk jaringan 5G meski hingga saat ini belum diresmikan.

Dampak Sanksi AS Atas Huawei Cuma Bikin Ren Zhengfei Tunda Rencana Pensiun

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia
 
×
×