logo


Bukan Hanya Karena Cinta, 5 Hal Ini Bisa Jadi Pemicu Jantungmu Berdebar

Simak berita selengkapnya

18 Desember 2019 18:57 WIB

jantung
jantung

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Dilanda kasmaran memang bisa membuat seseorang merasakan sensasi debar yang tak biasa. Hal itu dikarenakan adanya pertempuran antara hormon adrenalin, norepinefrin, dan dopamin yang telah terpicu sebelumnya.

Kondisi tersebut dapat menciptakan berbagai reaksi tubuh, salah satunya jantung berdebar-debar. Detak jantung yang terlampau cepat atau deg-degan lantaran kasmaran mungkin tak perlu dipermasalahkan. Namun, lain halnya jika kondisi jantung tersebut disebabkan oleh faktor yang berpengaruh pada kesehatan.

Tak hanya cinta saja yang bisa menimbulkan debar jantung tak beraturan, namun masih banyak faktor pendorong lainnya. Berikut beberapa faktor lainnya yang diulas oleh National Institutes of Health - MedlinePlus dan National Heart, Lung, and Blood Institute:


Tagar Jangan Takut Gendut Ramaikan Twitter, Ini 4 Keuntungan Orang Gendut yang Bikin Kamu Nggak Nyangka

1. Penyakit Jantung

Jantung berdebar yang tak juga membaik menandakan adanya penyakit jantung, seperti Kardiomiopati, penyakit katup jantung, gagal jantung.

2. Dipicu Faktor Psikologi

Tak hanya fisik, faktor psikologi juga dapat menjadi penyebab jantung berdebar. Suasana hati yang sedang dirasakan berpengaruh pada detak jantung. Kondisi tersebut antara lain, serangan panik, cemas atau ketakutan, stres atau gelisah.

3. Gangguan Irama Jantung

Penyebab jantung berdebar-debar juga bisa dipicu oleh gangguan irama jantung atau disebut dengan istilah Aritmia, seperti halnya Fibrilasi atrium, Takikardia ventrikular, Takikardia supraventrikular.

4. Gaya Hidup yang Keliru

Menerapkan gaya hidup yang keliru atau tidak sehat sangat berpotensi memicu jantung berdebar. Kebiasaan itu diantaranya merokok, Mengkonsumsi minuman berkafein dan beralkohol, Menggunakan obat-obatan terlarang, gemar makanan pedas, kurang istirahat atau tidur.

5. Konsumsi Obat-obatan

Jantung berdebar-debar juga bisa disebabkan oleh konsumsi obat-obatan. Tak jarang jika penawar alternatif itu menimbulkan efek samping, contohnya Antibiotik, Anti-jamur, Antidepresan, Antihistamin, dan sebagainya.

Jangan Minum Obat, Usir Sakit Kepala dengan Cara Ini

Halaman: 
Penulis : Iskandar