logo


Jokowi Tidak Ikut Campur Masalah Kivlan Zen, Pengacara: Dia Tegur Dong Menterinya

Berikut pernyataan lengkapnya

18 Desember 2019 11:27 WIB

Kivlan Zen.
Kivlan Zen. sayangi.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pihak Istana mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo tidak bisa ikut campur dalam kasus Kivlan Zen. Menanggapi hal itu pengacara Kivlan, Tonin Tachta, menyinggung nama Tito Karnavian yang sekarang menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

"Kalau (Jokowi) nggak akan ikut campur, dia tegur dong menterinya, dia tegur dong orang yang memprovokasi ini. Kan kita tahu siapa arahnya, ada dendam seseorang kepada Pak Kivlan dititipkan ke... Pak Tito waktu Kapolri ngomong, Soenarko berbeda dengan Kivlan. Soenarko belum ada tersangka katanya apa sampai sekarang yang pengadilan miiter Soenarko kena semua, Pak Soenarko bisa ditangguhkan, Pak Kivlan nggak. Padahal yang punya senjata siapa? Pak Soenarko. Pak Kivlan nggak ada senjatanya," kata Tonin di kediaman Kivlan Zen, Jakarta Utara, Rabu (18/12).

Tonin menilai ada kesan pemaksaan kondisi terhadap Kivlan Zen. Maka dari itu, ia tidak terima.


Ryamizard Sedih Lihat Kondisi Kivlan, "Saya Sudah Minta untuk Dibebaskan..."

"Dipaksakan ngasih uang ke Iwan, padahal ngasih uangnya bulan Maret untuk demo, dibilang bulan dua, supaya tanggal 20 Februari beli senjatanya. Dipas-pasin gitu loh," ujarnya.

Kivlan Zen sebelumnya mengirimkan surat kepada Jokowi soal permohonan perlindungan hukum. Kivlan meminta agar dibebaskan dari permasalahan hukum.

Staf Khusus Presiden Bidang Hukum, Dini Shanti Purwono, mengatakan bahwa Jokowi tidak bisa ikut campur masalah hukum.

"Presiden tidak bisa campur tangan urusan yudikatif," kata Dini.

Kivlan Zen Surati Jokowi, Ini Kata Istana

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata