logo


Soal Ekspor Benih Lobster, Eksportir: Nggak Jelas Siapa Eksportirnya, Mafia

berikut penjelasannya

17 Desember 2019 20:10 WIB

Ilustrasi benih lobster.
Ilustrasi benih lobster. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo berencana untuk membuka kembali ekspor benih lobster dengan dalih maraknya penyelundupan benih lobster selama ini meski dilarang.

Salah satu eksportir produk perikanan Heru Cahyono menilai rencana Menteri Edhy Prabowo tersebut sama saja dengan memfasilitasi mafia yang selama ini menyelundupkan benih lobster ke luar negeri.

"Ini benur (benih lobster) mau diekspor apa alasannya kemarin? Biar tidak ada mafia, (menjadi) terbuka. Berarti kan ada izin ekspor untuk suatu perusahaan," kata dia seperti dikutip dari detikcom, Selasa (17/12).


Soal Ekspor Benih Lobster, Jokowi: Agar Lobster Itu Tidak Diselundupkan

Ia menilai perbedaan antara pencabutan larangan ekspor dan penyelundupan benih lobster tersebut hanyalah embel-embel legal. Artinya, benih lobster nantinya tetap dijual ke luar negeri.

"Ini karena nggak jelas siapa eksportirnya, mafia, tetap terjadi ekspor kan, terjadi penyelundupan (bedanya) sekarang dilegalkan under licence-nya yang ditunjuk kementerian. Terus bedanya apa?," lanjutnya.

"Kalau mau ekspor dengan pakai kuota, kuota kan batas yang diizinkan setiap badan, si (perusahaan) ABCD kuota sekian. ABCD ini siapa yang keluarkan? Pak Edhy juga. Apakah tidak menimbulkan, sama saja akhirnya setiap orang yang dulu tidak legal jadi legal ditunjuk ABCD sama kan," imbuhnya.

Fahri Hamzah Minta Susi Pudjiastuti Bikin Buku Terkait Soal Benih Lobster

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia