logo


Tak Usah Takut, 5 Manfaat Hujan Ini Pasti Membuatmu Takjub

Simak berita selengkapnya

16 Desember 2019 17:45 WIB

hujan-hujanan
hujan-hujanan ngopo.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Musim hujan sedang melanda berbagai daerah di Indonesia. Kegembiraan akan turunnya hujan mungkin hanya pernah dirasakan ketika masa kanak-kanak. Kebanyakan orang dewasa lebih memilih menghindari hujan.

Memang tak dapat dipungkiri jika kehujanan berpotensi menimbulkan penyakit. Namun di sisi lain, hujan juga memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Dilansir dari Boldsky, berikut keuntungan hujan bagi kesehatan:

1. Kelembaban udara saat hujan bagus untuk kulit


Tak Hanya Enak, Ini Segudang Manfaat Es Krim untuk Kesehatan

Kelembaban di udara yang mengikuti cuaca hujan sangat baik untuk kulit. Virus tertentu yang ada di udara tidak akan mengancam kulit selagi tingkat kelembabannya tinggi.

2. Paru-paru terisi udara yang lebih segar

Menurut sebuah studi, udara saat hujan lebih sehat untuk dihirup. Udara juga menjadi segar dan bersih sebelum hujan turun. Curah hujan akan menggeser racun di udara bersama debu dan polutan lainnya.

3. Membantu menghidrasi tubuh ketika diminum

Air hujan, menurut sebuah studi, juga dapat dikonsumsi. Syaratnya, air hujan yang langsung jatuh dari langit dikumpulkan dalam wadah bersih.

4. Sifat alkali air hujan bermanfaat ketika diserap tubuh

Berdasarkan riset, air hujan bersifat alkali atau basa. Ketika terserap dalam tubuh, sifat alkali itu bisa mendetoksifikasi dan meningkatkan fungsi pencernaan. Air alkali juga bisa menyeimbangkan pH darah, sehingga mengurangi kadar asam dalam tubuh.

5. Menenangkan diri dengan aroma hujan

Seorang ilmuwan menyebut aroma khas saat hujan turun sebagai 'petrichor' hujan. Aroma itu berasal dari beberapa bahan kimia yang dilepaskan bakteri tanah sesaat hujan mulai turun.

Warna Bibir Ini Bisa Jadi Tanda Penyakit

Halaman: 
Penulis : Iskandar