logo


Ramai Teror Ular Kobra, Jangan Panik: Begini Cara Mengatasinya

Simak ulasannya

16 Desember 2019 11:32 WIB

ular kobra
ular kobra detik.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Akhir-akhir ini masyarakat sedang digegerkan dengan munculnya belasan ular kobra di daerah pemukiman. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Amir Hamidy mengungkapkan bahwa munculnya ular kobra dikarenakan musim penghujan adalah musim telur ular kobra menetas.

"Hal itu bisa terjadi karena mangsa alami kobra yaitu tikus, banyak ditemukan di daerah dekat tempat tinggal manusia dan juga karena sebelum menjadi daerah perumahan, tempat itu biasanya merupakan habitat asli kobra," ujar Amir seperti dikutip Antara, Senin (16/12/2019).

Amir juga menjelaskan bentuk dan rupa dari telur ular kobra. Apabila ada yang menemukan telur ular kobra segera serahkan ke petugas profesional seperti pemadam kebakaran atau komunitas pecinta ular. "Telur ular kobra berwarna putih, bercangkang keras, dan berbentuk lonjong dengan ukuran bervariasi," jelas Amir.


Jangan Salah! Begini Fakta Pola Tidur Pada Bayi yang Baru Lahir

Apabila digigit ular perlu maka perlu dibawa ke dokter dengan identifikasi ular secara spesifik. Hal tersebut karena setiap ular menimbulkan efek yang berbeda-beda.

"Kenapa identifikasinya itu harus tepat? Karena bisa ular spesifik per jenisnya dan efeknya terhadap tubuh berbeda, maka dokter yang menangani perlu tahu itu, karena anti venomnya juga berbeda," pungkasnya.

Ular Paling Berbisa di Dunia, No. 1 Ada di Papua

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati