logo


Dukung Nadiem Hapus UN, PKS: Tetapi dengan Catatan yang Sangat Keras

Simak berita selengkapnya

16 Desember 2019 10:30 WIB

Hidayat Nur Wahid
Hidayat Nur Wahid Detik.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim berencana menghapus Ujian Nasional pada tahun 2021 mendatang. Sebagai penggati Ujian Nasional, Nadiem akan memberikan konsep Asesmen Kompetensi Minimum.

Ketua Majelis Syurro Partai Keadilan Sosial (PKS) Hidayat Nur Wahid menanggapi rencana Mendikbud tersebut. Ia menyampaikan akan mendukung penghapusan Ujian Nasional, namun dengan beberapa catatan.

"Kami mendukung dihapuskannya UN. Tetapi juga dengan catatan yang sangat keras," ujar Hidayat Nur Wahid saat Rapat Koordinasi Wilayah DPW PKS Jawa Timur, Surabaya, Minggu (15/12/2019).


Nadiem Makarim: Dunia Tidak Membutuhkan Anak-anak yang Jago Menghafal

Hidayat Nur Wahid mengingatkan Mendikbud agar tidak tergesa-gesa dalam mengambil kebijakan. Harus dilakukan pengkajian yang mendalam, sehingga harapannya Indonesia bisa menghasilkan lulusan yang berkualitas.

"Haruslah berbasis kajian yang mendalam karena ini terkait masa depan anak-anak bangsa, nasib SDM, janganlah mereka terombang-ambing oleh kebijakan yang selalu berubah pada setiap kementrian yang selalu berbuah," tambahnya.

"Yang dipentingkan itu adanya kebijakan-kebijakan itu adalah betul-betul untuk mendukung dan mendorong terjadinya peningkatan kualitas dari pendidikan kita, SDM pendidikan kita input dan outputnya," pungkasnya.

Rencana Mendikbud Ubah Ujian Nasional, Fahri Hamzah: Ada Uang, Ada Ruang, Apa Lagi?

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati