logo


PT Garuda Tauberes Indonesia, Perusahaan yang Bikin Erick Thohir Bingung

berikut penjelasannya

13 Desember 2019 13:20 WIB

Erick Thohir
Erick Thohir Goal.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan bahwa PT Garuda Indonesia (Persero) memiliki anak cucu perusahaan yang tidak jelas bergerak di bidang apa yakni PT Garuda Tauberes Indonesia.

"Dan yang menarik kalau di situ ada juga yang mohon maaf menggelitik. Ada cucu dari perusahaan Garuda yang namanya Garuda Tauberes Indonesia. Nggak tahu bergerak di bidang apa. PT Garuda Tauberes Indonesia," kata Erick Thohir di kantor pusat Direktorat Jenderal Pajak (DJP), Jakarta, Jumat (13/12).

Erick mengatakan bahwa dirinya saat ini akan mempelajari peraturan rangkap jabatan di BUMN dan telah mengeluarkan Keputusan Menteri tentang pembentukan anak cucu usaha BUMN agar hal serupa tidak terjadi lagi.


Cerita Lucu Jokowi dan Erick Thohir Saat Betemu Harley di Peringatan Hari Antikorupsi

"Saya mesti pelajari peraturan. Kalau yang Kepmen mengenai bahwa pembentukan anak cucu perusahaan itu harus ada review dari kami dengan alasannya itu sudah keluar Kepmen-nya," kata Erick.

"Cuma kalau mengenai yang tadi (komisaris), saya review dulu peraturannya. Kalau nggak nanti kita buat peraturan ya. Karena itu sesuatu yang menurut saya tidak sehatlah. Masa sudah jadi Dirut masih jadi komisaris di banyak perusahaan," sambungnya.

Erick mengaku dirinya tidak ingin direksi BUMN berlomba untuk menjadi komisaris di anak dan cucu perusahaan plat merah tersebut.

"Kalau nggak akhirnya ini yang saya nggak mau, akhirnya semua berlomba-lomba menjadi komisaris juga. Bayangkan kalau ada misalnya, saya bukan suudzon ya. Misalnya di Pertamina, ada 142 perusahaan. Tiba-tiba direksinya menjadi komisaris di 142 perusahaan. Itu kan lucu-lucuan. Nah itu kita sikat," tegas Erick.

Mantan Sekretaris Kementerian BUMN Puji Keberanian Erick Thohir Pecat Dirut Garuda

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia