logo


Kemenkeu Telah Cairkan Dana Rp13 Triliun untuk BPJS Kesehatan

berikut penjelasannya

12 Desember 2019 13:03 WIB

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menghadiri pertemuan bilateral antara Indonesia dan Fiji, di Nadi, Fiji pada Kamis (2/5).
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menghadiri pertemuan bilateral antara Indonesia dan Fiji, di Nadi, Fiji pada Kamis (2/5). Kemenkeu

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah menyuntikkan anggaran untuk BPJS Kesehatan sebanyak dua tahap dengan total dana talangan sebesar Rp13 triliun dari rencana anggaran sebesar Rp14 triliun.

Direktur Jenderal Anggaran Kemenkeu, Askolani, mengungkapkan bahwa Kementerian Keuangan minggu lalu sudah mencairkan sebanyak Rp4 triliun untuk Penerima Bantuan Iuran Pemerintah Daerah dan sebelumnya juga telah dicairkan sebanyak Rp9 triliun untuk penerimaan PBI Pemerintah Pusat pada tahap pertama.

"Sudah Rp4 triliun untuk pemda minggu lalu. Total semua udah Rp13 triliun," ujarnya seperti dilansir CNBC Indonesia, Kamis (12/12).


Kemenkeu Belum Tetapkan Tarif Sertifikasi Halal, BPJPH: Ikut Tarif LPPOM MUI

Sisa dana talangan yang saat ini belum dicairkan sebanyak Rp1 triliun untuk PBI Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pejabat negara lainnya. Askolani juga menyebut jika pencairan sisa dana talangan sejumlah Rp1 triliun akan dilakukan pada minggu ketiga bulan Desember.

"Untuk ASN tinggal Rp1 triliun lagi, nanti di minggu ketiga Desember kita cairkan," kata Askolani.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani telah memastikan akan memberi suntikan dana talangan sebesar Rp14 triliun kepada BPJS Kesehatan dalam tiga tahap.

Jokowi Sebut Terawan Sudah Temukan 'Jurus' Atasi Defisit BPJS, Warganet: Paling Ujung-ujungnya Naikin Pembayaran

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia
 
×
×