logo


Ular Paling Berbisa di Dunia, No. 1 Ada di Papua

berikut penjelasannya

12 Desember 2019 11:19 WIB

Ular Hijau
Ular Hijau

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ular merupakan hewan reptil yang biasa dijumpai di sekitar kita. Beberapa jenis ular memiliki bisa atau racun yang sangat mematikan bagi manusia. Ular menggunakan bisa atau racun tersebut untuk melumpuhkan mangsa dan untuk mempertahankan diri dari serangan hewan lain. Berikut jenis ular yang memiliki bisa paling mematikan di dunia yang berhasil dihimpun tim redaksi.

4. King Cobra


Menakjubkan! Ternyata 5 Kebiasaan Buruk Ini Punya Dampak Baik untuk Tubuh

King Cobra (Ophiophagus hannah) merupakan ular berbisa terbesar yang ada di dunia. Ukuran tubuhnya bisa mencapai lebih dari 10 meter. Ular ini bisa dijumpai terdapat di kawasan Asia Timur dan Tenggara termasuk Indonesia. Mangsa utama King Cobra adalah ular. Setiap gigitannya, King Cobra dapat menyuntikkan bisa sebanyak 200 - 500 mg yang sangat cukup untuk membunuh seekor gajah dalam waktu 1 jam.

3. Death Adder

Death Adder (Acanthophis antarcticus) merupakan ular yang tinggal di benua Australia yang memiliki panjang 70 - 100 cm. Jenis bisa yang digunakan oleh ular ini adalah neurotoxin yang menyerang saraf sehingga menyebabkan kelumpuhan gagal nafas dan berhentinya denyut jantung. Racun Death Adder bereaksi sangat cepat dan dapat menyebabkan kematian dalam waktu kurang dari 6 jam saat seseorang terkena gigitan dan tidak mendapat suntikan anti-bisa.

2. Black Mamba

Meski bernama Mamba Hitam, namun nyatanya warna tubuh dari ular yang hidup di Afrika ini adalah perak atau mercury. Nama "Hitam" diambil dari warna rongga mulut ular ini. Ular dengan panjang antara 2-3 meter ini mampu bergerak hingga mencapai kecepatan 16 km/jam. Jenis racun dari gigitan ular ini adalah neurotoxin sama seperti Death Adder.

1. Fierce Snake or Inland Taipan

Ular yang dikenal dengan nama latin Oxyuranus microlepidotus ini sering dijumpai di benua Australia dan Pulau Papua. Panjang ular ini antara 1,8 - 2,5 meter. Sekali gigitan ular ini mampu mengeluarkan bisa sebanyak 44 - 110 mg yang mampu membunuh 110 orang manusia dewasa atau 250.000 tikus. Racun yang dihasilkan ular ini 50 kali lebih kuat daripada ular King Cobra. Sehingga tidak heran jika Ular Inland Taipan mendapat gelar sebagai ular paling mematikan di Indonesia bahkan di dunia. Sayangnya, hingga saat ini, bisa dari ular ini belum ada penawar racunnya sehingga korban gigitan ular ini dipastikan akan mengalami kematian.

Jangan Salah! Begini Fakta Pola Tidur Pada Bayi yang Baru Lahir

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia