logo


Yuk Intip Potensi Agrowisata di Sumatera Barat

Tak hanya di wilayah Jawa saja, ternyata ranah Sumatera juga memiliki potensi besar di bidang pariwisata

20 Maret 2015 10:49 WIB

Ilustrasi
Ilustrasi

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Tak hanya di wilayah Jawa saja, ternyata ranah Sumatera juga memiliki potensi besar di bidang pariwisata, terutama sektor agrowisata. Misalnya saja kawasan Sumatera Barat yang dikenal memiliki area pertanian yang luas, sehingga rasanya sangat pas bila dikembangkan menjadi sebuah area agrowisata. Ditambah lagi, tren wisatawan yang datang ke Sumatera Barat saat ini sudah bergeser menjadi rombongan kecil, penyuka wisata minat khusus.

Bahkan, Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Sumatera Barart, Boerhasman menyatakan, daerah di Sumatera Barat punya banyak potensi agrowisata, yang menjadi tujuan wisatawan penyuka wisata khusus.

Dan beberapa kawasan pertanian, peternakan dan perkebunan yang bisa menjadi destinasi agrowisata, antara lain kebun teh Kayu Aro di kabupaten Solok, peternakan Padang Mangateh di kabupaten Limapuluh Kota, kebun coklat, serta termasuk pertanian tradisional milik masyarakat seperti kebun pepaya di Nagari Batu Kalang, kabupaten Padang Pariaman.


Serunya Wisata Sambil Belanja Kain Sutra di Kota Sengkang Makassar

Boerhasman menambahkan, prosesi membajak dengan kerbau, beruk memanjat kelapa dan memetik buah langsung dari pohonnya, merupakan hal-hal menarik yang tentunya bisa menjerat para wisatawan dengan minat wisata khusus. Meski demikian, masyarakat harus dipersiapkan terlebih dahulu. Sehingga nantinya jika kawasan mereka dijadikan agrowisata, masyarakat bisa menerima dengan baik para pengunjung yang berdatangan.

Bahkan, dalam forum Tourism Indonesia Mart and Expo (TIME), atau Pasar wisata Indonesia pada akhir 2013 lalu, Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumatera Barat, Maulana Yusran mendorong agar Sumatera Barat serius membangun agrowisata.

Menurutnya, pembangunan agrowisata didasari dengan potensi sumber daya alam yang ada di 9 kabupaten atau kota di Sumatera Barat. Selain itu, agrowisata tersebut nantinya juga bisa menjadi salah satu obyek wisata yang berpotensi menarik wisatawan dari luar negeri. Pasalnya, selama ini Sumatera Barat masih mengandalkan destinasi budaya dan kuliner.

Serunya Beragrowisata Sambil Petik Buah Stroberi di Jepang

Halaman: 
Penulis : Christophorus Aji Saputro, Hasballah