logo


UN Dihapus, Nadiem Makarim: USBN Itu Akan Diganti

berikut penjelasannya

11 Desember 2019 13:02 WIB

Ilustrasi UN / Ujian
Ilustrasi UN / Ujian quipper.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Mendikbud Nadiem Makarim mengungkap bahwa Ujian Nasional 2020 akan menjadi ujian nasional terakhir yang menggunakan format seperti tahun-tahun sebelumnya. Nadiem berencana untuk menghapus format Ujian Nasional (UN) dan akan digantikan menjadi Asesmen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter. Kebijakan itu akan dimulai pada tahun 2021. Selain itu, Ia juga akan mengganti sistem Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN).

Mendikbud Nadiem Makarim menyebut setiap sekolah untuk menyelenggarakan uji kelulusan siswa sendiri sesuai kompetensi dasar di dalam kurikulum yang berlaku.

"Untuk 2020, USBN itu akan diganti, dikembalikan kepada esensi UU Sisdiknas, kepada semua setiap sekolah untuk menyelenggarakan ujian kelulusannya sendiri, dengan tentunya mengikuti kompetensi-kompetensi dasar yang sudah ada di kurikulum kita," papar Nadiem saat rapat koordinasi bersama dinas pendidikan provinsi dan kabupaten/kota se-Indonesia di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Rabu (11/12).


Viral Pentas Drama Tiga Menteri, Rocky Gerung Sebut Dramanya Norak

Lebih lanjut, Nadiem menegaskan jika kebijakan yang ia keluarkan tidak akan memaksa pihak sekolah untuk mengubah sistem kelulusannya. Sekolah masih tetap diperbolehkan untuk memakai format USBN seperti tahun sebelumnya.

"Ini harus ditekankan. Ini tidak memaksakan sekolah untuk harus berubah tes kelulusannya. Kalau sekolah itu masih belum siap untuk melakukan perubahan, kalau ingin menggunakan format seperti USBN yang tahun lalu, itu dipersilakan," ujar Nadiem.

Tahun 2021, UN Tinggal Kenangan, Nadiem Makarim Sudah Ungkap Penggantinya

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia
 
×
×