logo


Mensos: Seketat Apa Sistem, Kalau Mentalnya Udah Bobrok Tetep Aja Korup

berikut penjelasannya

9 Desember 2019 19:52 WIB

Menteri Sosial Juliari Peter Batubara
Menteri Sosial Juliari Peter Batubara Jitunews/Denys

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Sosial (Mensos), Juliari Batubara, mengatakan bahwa pemberantasan korupsi harus dimulai dari mental. Menurutnya, sebagus apapun sistem akan tetap korupsi jika mentalnya sudah bobrok.

"Saya kira pemberantasan korupsi itu harus dimulai dari mental. Jadi mau sebagus apa sistem, seketat apa sistem, kalau mentalnya udah bobrok ya tetep aja korup, ya," kata Juliari di gedung Konvensi TMPN Utama Kalibata, Jakarta Selatan, Senin (9/12).

Juliari mengatakan bahwa korupsi bisa terjadi karena keserakahan. Mereka yang tidak pernah merasa cukup akan melakukan perbuatan buruk tersebut.


Menjamurnya Praktik Korupsi, KPK: Karena yang Tahu Diam Saja

"Karena ya itu tadi. Itu kan menurut saya antara lain karena sifat keserakahan. Jadi orang yang tidak merasa selalu cukup gitu loh, masih merasa kekurangan. Punya mobil 2, pengin 3. Punya mobil 3 pengin 4. Punya rumah 1 pengin 2, punya rumah 2 pengin.... Ya ini kalo mentalnya seperti itu ya mau kapan, dibikin sistem seketat seperti apa yang akan ada korupsi terus. Jadi mulainya dari mental," sebut Juliari.

Menurutnya, sistem saat ini sudah cukup bagus. Juliari mengatakan bahwa perlu dilakukan perbaikan mental.

"Kalau sistemnya sih udah cukup bagus ya, baik di internal kementerian, BUMN, BPK, ada juga KPK, kepolisian, kejaksaan, udah lengkap semua. Tinggal yang dibenahi itu mentalnya," jelas Juliari.

Peringati Hari Antikorupsi Sedunia, KPK: Pedang Pemberantasan Korupsi Ada di Kepala Negaranya

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata