logo


Menag-Mendikbud Sepakati Tak Hapus Materi Agama, Menag: Moderasinya Lebih Ditonjolkan

Simak berita selengkapnya

9 Desember 2019 16:31 WIB

Menteri Agama Fachrul Razi Menerima kunjungan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim di Kantor Kemenag Jakarta, Senin (09/12/2019)
Menteri Agama Fachrul Razi Menerima kunjungan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim di Kantor Kemenag Jakarta, Senin (09/12/2019) Dok.

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Agama (Menag), Fachrul Razi Menerima kunjungan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim, di Kantor Kemenag Jakarta. Keduanya sepakat tidak menghilangkan materi agama tapi yang ditonjolkan adalah moderasi beragama.

"Kita sependapat konten agamanya ndak boleh hilang, tapi moderasinya lebih ditonjolkan gitu ya," ujar Fachrul (9/12).

Menteri Agama menyoroti soal penyampaian oleh pengajar pada materi khilafah dalam pelajaran agama. Dirinya mengungkapkan khilafah memang ada dalam sejarah Islam, tapi para pengajar saat ini menurutnya menyimpang.


Rocky Gerung ke Nadiem Makarim, "Kegagalan Pendidikan Tak Hanya di Kemendikbud, Tapi Juga...."

"Memang kalau di sejarah Islam ada, tapi pengalaman yang lalu ya mungkin nggak tahu kesalahannya di mana yang jadi pengajarnya justru menyimpang ke mana-mana, mengkampanyekan khilafah," imbuhnya.

Soal materi khilafah ini pihaknya akan menertibkan baik dari sisi materinya maupun pengajarnya. Dalam kesempatan ini Fachrul menegaskan materi tentang khilafah memang harus dibatasi.

"Harus dua-dua, materinya juga kita waspadai, dikasih batasannya supaya todak melebar ke mana-mana, pengajarnya juga," pungkasnya.

Menag-Menhub Bertemu, Bandara Kertajati Siap Layani Keberangkatan Jamaah Haji

Halaman: 
Penulis : Nurman Abdul Rohman, Aurora Denata