logo


Rudiantara Ditunjuk Jadi Dirut PLN, DPR: "Harus Punya Langkah Jitu..."

Simak ulasan selengkapnya

9 Desember 2019 15:27 WIB

Menkominfo Rudiantara.
Menkominfo Rudiantara. Jitunews/Latiko Aldilla Dirga

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Anggota Komisi VII DPR RI, Sartono Hutomo tidak mempersoalkan langkah Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menunjuk Rudiantara sebagai Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN.

"Tentu itu adalah kewenangan dri RUPS, kepada Beliau tentu kita berharap ada semangat baru dan harapan baru," ujar  Sartono di Jakarta, Rabu (9/12).

Dalam hal ini, Sartono mempunyai tiga catatan besar yang harus dijawab lewat kinerja oleh Rudiantara. Catatan yang pertama terkait adanya ketidakseimbangan antara penyediaan listrik dengan kebutuhan listrik.


DPR Minta Helmy Yahya Transparan Soal Masalahnya dengan Dewan Pengawas

“Dirut PLN baru harus punya langkah yang lebih Jitu dalam mewujudkan hal tersebut," tuturnya.

Kedua, masalah dihadapi PLN adalah soal pendapatan PLN yang selalu minus sehingga selalu disubsidi pemerintah.

“Yang paling harus segera disiapkan adalah bagaimana ketahanan keuangan PLN, lebih lagi persiapan menyambut serapan dri 35.000 MW, sebagaimana target Pembangunan Pembangkit listrik oleh Pemerintah," tuturnya.

Dan yang terakhir yaitu perlu adanya keseriusan dibarengi dengan keberpihakan kepada energi terbarukan, disektor pembangkit. Agar kebutuhan listrik nasional lebih merata.

"Yakinin saja semakin murah harga tarif listrik maka akan semakin mendorong laju investasi dan pertumbuhan ekonomi lebih baik lagi," pungkasnya.

Gibran Maju Pilkada 2020, DPR: Jadi Sorotan Media Dalam dan Luar Negeri

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Raka Kisdiyatma