logo


Sekolah Swasta Beri Honor Guru Setara UMK, Ganjar Pranowo: Kalau Tidak, Tidak Kami Beri Izin

berikut penjelasannya

8 Desember 2019 08:59 WIB


JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ganjar Pranowo meminta sekolah swasta untuk memberikan gaji guru setara dengan UMK. Gubernur Jawa Tengah tersebut juga telah menyiapkan strategi untuk memantau yayasan pengelola sekolah yang tidak taat atas instruksinya tersebut, termasuk kemungkinan sanksi berupa tidak diberikan izin.

"Kalau tidak, tidak kami beri izin," kata Ganjar dalam peringatan Hari Guru Nasional di Balairung Universitas PGRI Semarang, Sabtu (7/12).

Ganjar mengungkapkan jika guru honorer SMA, SMK, dan SLB yang dikelola oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah sudah mendapatkan gaji setara dengan UMK. Ia juga akan mengawal penganggaran pendidikan daerah dan memastikan pemerintah kabupaten dan kota melaksanakan instruksi itu.


Selamat dan Sukses! Indonesia Duduki Peringkat 6 Dari Bawah Menurut Survei Kualitas Pendidikan Internasional

"Kami akan bicara dengan Kemendikbud, Kemenpan, dan Kemendagri agar mengawal penganggaran di kabupaten untuk bisa memenuhi itu," ungkap Ganjar.

Menurut Ganjar, gaji guru honorer negeri maupun swasta yang masih di bawah UMK merupakan sebuah ironi mengingat penghasilan buruh jauh lebih besar.

"Setiap hari saya debat dengan buruh soal kebutuhan hidup layak. Lha ini masih ada guru gajinya kok jauh di bawah buruh," kata Ganjar.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo telah menginstruksikan kepala daerah, seperti bupati dan wali kota, untuk memberi gaji guru honorer di sekolah negeri setara UMK.

Terkait Pencalonan Wali Kota Solo, Ganjar Sarankan Gibran Banyak Ngobrol

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia