logo


Jangan Salah! Begini Fakta Pola Tidur Pada Bayi yang Baru Lahir

berikut penjelasannya

8 Desember 2019 07:08 WIB

pinterest

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Meski babyi menghabiskan sebagian besar waktunya untuk tidur, bukan berarti bayi baru lahir tidur di satu waktu sekaligus. Waktu tidur bayi terbagi menjadi beberapa sesi dimana pada setiap sesi, bayi bisa tidur selama 1-3 jam. Setelah itu, bayi akan terbangun untuk minum susu atau berinteraksi dengan orang-orang di sekitarnya sebelum tidur kembali. Mengapa demikian? Berikut adalah beberapa fakta tentang pola tidur bayi yang baru lahir seperti dikutip dari laman alodokter.com.

1. Belum Mengenal Waktu

Bayi yang baru lahir belum sepenuhnya mengenal perbedaan antara waktu siang dan malam. Sehingga tidak mengherankan kalau bayi bisa lebih banyak tidur pada siang hari dan terjaga pada malam hari.


Pro Player Wajib Tahu, 4 Manfaat Bermain Video Games untuk Kesehatan Psikis

2. Tidak Butuh Suasana Tenang untuk Terlelap

Bayi sudah terbiasa dengan suara bising dan tetap bisa terlelap saat masih dalam kandungan. Yang perlu diingat adalah jangan sampai anda atau orang di sekitarnya mengeluarkan suara terlalu keras yang mengagetkan.

3. Hanya Membutuhkan Ruang Tidur Sederhana

Sebenarnya, bayi hanya butuh kasur bayi yang padat dengan permukaan datar sehingga mampu menopang punggungnya dengan aman untuk bisa terlelap. Jadi, sebaiknya singkirkan benda-benda yang tidak diperlukan seperti selimut, bantal, boneka, atau guling. Benda-benda tersebut malah berisiko menghambat pernapasan bayi dan meningkatkan risiko terjadinya kematian mendadak pada bayi.

4. Tidak Boleh Tidur Terlalu Lama

Sebaiknya jangan biarkan bayimu tidur terlalu lama pada satu sesi tidur atau lebih dari 3 jam. Lambung bayi masih terlalu kecil dan belum mampu menyerap ASI dalam jumlah banyak sehingga orang tua harus secara rutin menyusuinya setiap 2-3 jam sekali.

Nggak Perlu Panik, Berikut 4 Rekomendasi Olahraga untuk Mengecilkan Perut

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia