logo


Pro Player Wajib Tahu, 4 Manfaat Bermain Video Games untuk Kesehatan Psikis

berikut penjelasannya

7 Desember 2019 16:43 WIB

manfaat bermain game
manfaat bermain game

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Bermain Video Games ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan kemampuan berfikir otak. Hal ini berdasarkan hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal utama American Psychological Association, American Psychologist yang ditulis oleh Isabela Granic, Profesor Developmental psikopatologi di Radboud University Nijmegen. Berikut beberapa diantaranya seperti dikutip dari doktersehat.com.

1. Mengasah Keterampilan

Dalam bermain video game, pemain harus mengingat setiap detil penting dari game yang dimainkannya. Banyak pemain yang memiliki kecenderungan untuk memperbaiki catatawaktu atau rekor yang mereka buat setiap waktu. Hal ini membuat pemain dapat meingkatkan keterampilan dan persepsi seperti yang ditemukan dari sebuah penelitian dari Universitas Rochester.


Sukses di Usia Muda, Siapa Takut? Yuk Intip Tips Sukses Usaha Ala Staf Khusus Kepresidenan

2. Mengatasi Depresi

Bermain video game dapat mangaktifkan sistem syaraf parasimpatis yang dapat mengurangi tekanan dan stres sehingga dapat mengatasi depresi yang kamu alami.

3. Membuat Seseorang Dapat Mengontrol Mimpi

Beberapa peneliti mengungkap bahwa saat seseorang bermain video game, ia juga tengah berlatih untuk mengontrol dunia mimpinya. Dalam bermain video game, pemain dapat mengontrol lingkungan mereka saat didalam game. Sehingga mereka juga cenderung mampu mengontrol dan mengurangi mimpi buruk mereka sehingga mental dan emosi menjadi lebih stabil.

4. Meningkatkan Fokus Visual

Penelitian yang dilakukan oleh Universitas Rochester menemukan fakta bahwa bermain game tidak hanya dapat membuat seseorang lebih cermat pada lingkungan sekitarnya, namun juga dapat meningkatkan dan mempertahankan kemampuan fokus saat dibutuhkan.

Tips Mengatur Keuangan Agar Akhir Bulan Tidak Terasa Pahit

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia