logo


Erick Thohir Pecat Dirut Garuda, PAN Berharap Tak Sekadar Langkah Populis di Awal Periode

Simak berita selengkapnya

6 Desember 2019 16:28 WIB

Erick Thohir
Erick Thohir Goal.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Wakil Ketua Fraksi PAN DPR RI, Saleh Partaonan Daulay mengapresiasi langkah Menteri BUMN Erick Thohir yang baru saja mencopot jabatan Dirut PT Garuda Indonesia karena tersangkut kasus penyelundupan barang ilegal.

Saleh meminta kepada Erick agar terus bertindak tegas selama ia menjabat. Petinggi BUMN yang bertindak tak sesuai aturan, lanjut dia, sebaiknya dipecat.

"Langkah taktis dan cepat Erick Thohir dalam mencopot Dirut Garuda perlu diapresiasi dan didukung. Diharapkan, langkah ini bukan hanya langkah populis di awal periode. Tapi, sangat diperlukan untuk dilanjutkan pada masa berikutnya," kata Saleh, seperti dilansir dari CNNIndonesia.com, Jumat (6/12).


Dirut Garuda Dicopot, PKB Ingin Erick Thohir Tegas dengan BUMN Lain

Lebih lanjut, Saleh mengharapkan reformasi yang dilakukan Erick di BUMN bisa lebih substantif dan fundamental. Tak hanya sekadar mengganti dan memasukkan nama baru, namun kata dia, tata kelola BUMN juga harus diperhatikan.

"BUMN harus menjadi perusahaan yang sehat. Tidak boleh jadi beban negara. Sebaliknya, BUMN harus menjadi salah satu sumber terbesar pemasukan keuangan negara setelah pajak," tuturnya.

Sebelumnya, Erick Thohir telah mendepak Ari Askhara sebagai Dirut PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Pemecatan terhadap Ari dilakukan karena diduga menyelundupkan onderdil motor Harley Davidson melalui pesawat Airbus A330-900 sejak tahun 2018.

Jokowi Sebut Tidak Usah Amandemen UUD, PAN: Tidak Akan Berjalan Mulus

Halaman: 
Penulis : Iskandar