logo


Menag-Menhub Bertemu, Bandara Kertajati Siap Layani Keberangkatan Jamaah Haji

Simak berita selengkapnya

6 Desember 2019 13:02 WIB

Menag Fachrul Razi dan Menhub Budi Karya Sumadi
Menag Fachrul Razi dan Menhub Budi Karya Sumadi Jitunews/Nurman

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Agama (Menag), Fachrul Razi, menerima kunjungan dari Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, di Kantor Kementerian Agama Jakarta.

Hal yang menjadi fokus pembicaraan adalah soal pelayanan haji dan umroh. Keduanya sepakat bahwa mulai tahun depan Bandara Kertajati, Majalengka akan dijadikan Bandara keberangkatan jamaah haji.

Menteri Agama, Fachrul Razi, mengungkapkan pertemuannya dengan Menteri Perhubungan juga dihadiri oleh semua pihak yang berkepentingan soal pelayan haji.


Menag Hapuskan Materi Khilafah, Dosen UIN Berikan Respon Positif: Harus Mencontoh Nabi

"Tadi beliau juga bawa juga wakil dari Pemda Jawa barat, dari Garuda dan semua yang terkait kita bawa," ujar Fachrul (06/12).

"Kami sepakat bahwa tahun ini kami harus langsung memberangkatkan dari Kertajati," imbuhnya.

Fachrul juga menyampaikan untuk melayani keberangkatan haji dari Bandara Kertajati tentu ada hambatan-hambatan yang ditemui, namun pihaknya dan Kementerian Perhubungan akan segera menyelesaikannya.

"Hambatan masalah teknislah, misalnya bagaimana kita menyiapkan asrama hajinya kalau kita pakai yang di Bekasi kejauhan" tegasnya.

"Dari beliau juga semua masalah akan diatasi terutama mengkoordinasi dengan avisiasi penerbangan Arab Saudi yang masih berlangsung," tambahnya.

Senada dengan itu Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi juga akan ikut serta dalam menyelesaikan masalah-masalah yang ada.

"Berkaitan dengan hambatan dan kekurangan akan kita selesaikan dan yang hebat, Pak Menteri Agama sudah menugaskan minggu depan sudah mulai kerja untuk menyelesaikan masalah- masalah," ujar Budi.

Dalam kesempatan itu Budi juga mengatakan bahwa soal kedua yang jadi pembicaraan adalah soal umroh.

Yang kedua adalah masalah jamaah umroh.

"Umroh itu di Jawa Barat ada 180 ribu pertahun jadi kami harapkan di Kertajati setiap hari itu ada 1 flight, Pak Menteri Agama juga setuju," pungkasnya.

Menteri Agama juga mengamini dan menegaskan tidak ada kenaikan ONH (Ongkos Naik Haji) untuk tahun depan.

"Sudah disepakati bersama tidak ada kenaikan harga satu sen pun, kita pecahkan bersama," pungkas Menag.

Kemenag Ajak Unsur Masyarakat Jadi Anggota BAZNAS

Halaman: 
Penulis : Nurman Abdul Rohman, Aurora Denata
 
×
×