logo


Waspada Diabetes, Kenali Gejala dan Penyebabnya Sebelum Terlambat

berikut penjelasannya

6 Desember 2019 12:47 WIB

Ilustrasi diabetes.
Ilustrasi diabetes. shutterstock

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Diabetes merupakan penyakit kronis yang berlangsung dalam jangka waktu panjang. Dilansir dari halodoc.com, Penyakit ini ditandai dengan meningkatnya kadar gula darah (glukosa) hingga di atas batas nilai normal. Penyebab utama dari Diabetes adalah adanya gangguan dalam tubuh, sehingga tubuh tidak mampu menggunakan glukosa darah ke dalam sel, sehingga glukosa menumpuk dalam darah.

Terdapat dua tipe diabeters. Diabetes tipe 1 disebabkan oleh kegagalan pankreas dalam memproduksi hormon tertentu. Sementara diabetes tipe 2 terjadi akibat tubuh tidak dapat menggunakan hormon tertentu secara efektif atau bisa juga disebabkan karena kekurangan hormon tertentu.

Kadar glukosa yang tinggi dapat merusak sistem pembuluh darah kecil pada organ vital seperti ginjal, jantung, mata, dan sistem saraf, sehingga dapat menyebabkan berbagai macam komplikasi.


Sering Merasa Lapar? Awas Kamu Masuk Gejala Diabetes Loh, Berikut 5 Ciri Lainnya...

Beberapa gejala diabetes tipe 1 dan tipe 2, antara lain sering merasa haus, terlalu sering buang air kecil terutama pada malam hari, rasa lapar yang terus-menerus, sering merasa lemah dan lelah, dan luka yang tidak kunjung sembuh.

Penyakit diabetes tidak hanya disebabkan oleh faktor riwayat keluarga atau keturunan dan faktor usia saja. Namun, gaya hidup yang tidak sehat serta jarang melakukan aktifitas atau berolahraga juga menjadi penyebab penyakit ini.

Yuk Makan Mangga Muda, Ini Khasiat Ajaib yang Kamu Dapat

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia