logo


Selamat dan Sukses! Indonesia Duduki Peringkat 6 Dari Bawah Menurut Survei Kualitas Pendidikan Internasional

berikut penjelasannya

6 Desember 2019 09:39 WIB

Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Hasil survei Program for International Student Assessment (PISA) tahun 2018 baru saja dirilis pada Selasa (3/12). Survei PISA ini menjadi rekomendasi untuk mengukur tingkat kualitas pendidikan negara-negara di seluruh dunia.

Seperti dilansir dari Detik.com, studi yang dilakukan setiap tiga tahun sekali menilai tidak kurang dari 600.000 anak usia 15 tahun pada 79 negara dengan tolak ukur kemampuan matematika, membaca, dan kinerja sains tiap anak.

Indonesia berhasil menduduki peringkat 6 dari bawah atau urutan 74 dari 79 negara pada kategori kemampuan membaca dengan skor rata-rata 371, berada satu tingkat di bawah Panama yang mencetak skor rata-rata 377.


Banyak Lulusan SMK Jadi Pengangguran, Sandaga Uno: Solusinya Oke Oce

Sedangkan untuk posisi tiga teratas, ditempati oleh tiga negara Asia lainnya yakni China dengan skor rata-rata 555, Singapura dengan skor rata-rata 549 dan Makau dengan skor rata-rata 525. Sementara itu, negara yang sering dijadikan percontohan sistem pendidikan yakni Finlandia berada pada urutan ke-7 dengan skor rata-rata 520.

Selanjutnya, pada kategori matematika, peringkat satu, masih diduduki China dengan skor rata-rata 591. Bagaimana dengan Indonesia? Indonesia hanya mampu meraih skor rata-rata 379 dan bercokol pada peringkat 7 dari bawah alias urutan ke-73.

Yuk Kenalan dengan Crazy Rich Baru Indonesia, Siapa Saja?

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia