logo


Kunjungi Candi Borobudur, Putri Mahkota Denmark Takjub

berikut penjelasannya

5 Desember 2019 20:43 WIB

solopos.com

MAGELANG, JITUNEWS.COM - Mary Elizabeth Donaldson berkunjung ke Candi Borobudur pada Rabu, 4 Desember 2019. Pemandu wisata dari Balai Konservasi Borobudur, Hary Setyawan mengungkapkan bahwa Putri Mahkota Denmark tersebut sangat mengapresiasi kelestarian Candi Borobudur yang hingga kini masih terjaga dengan baik.

Saat berkeliling, Hary Setyawan mengatakan bahwa Putri Mahkota Denmark itu tidak mau menyentuh relief Candi Borobudur dikarenakan Mary Elizabeth Donaldson memahami jika hal tersebut adalah tindakan yang dilarang.

"Putri Mahkota Denmark sangat menghormati upaya konservasi. Waktu mendampingi, saya sampaikan dilarang menyentuh relief Candi Borobudur dan dia sangat memahami itu," kata Hary. "Dia tidak mau menyentuh relief. Hanya melihat saja," terangnya.


Lokasi Favorit PUBG ini Ternyata Benar-benar Ada di Dunia

Hary mengungkapkan bahwa saat mendekati puncak Candi Borobudur, Calon Ratu Denmark itu takjub melihat keindahan alam dengan pemandangan hijau yang subur di sekeliling Candi Borobudur.

“Setelah sampai di barisan stupa, beliau melihat alam sekeliling Borobudur, tanggapannya positif karena masih tampak hijau. Kemudian, gunung-gunung dan berbukitan masih bisa terlihat dan sebagainya,” tambahnya seperti dikutip dari Radar Semarang.

Rombongan Putri Mahkota Denmark itu tiba di kompleks Candi Borobudur pada Rabu (4/12) pukul 07.15 WIB dan meninggalkan kompleks dari Candi Borobudur sekitar pukul 08.30 WIB.

“Beliau menginginkan untuk dipandu tur keliling candi. Beliau ingin menyaksikan reliefnya. Sebenarnya jadwalnya hanya 30 menit semuanya, cuma beliau datang lebih awal. Minta dipandu, kemudian penjelasan lebih detail tentang relief dan sebagainya,” terangnya.

Pelabuhan Benoa Bali Bakal Disulap Jadi Pintu Masuk Kawasan Wisata Kelas Dunia

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia