logo


Dihina "Babi" Dalam Video Ceramah Habib Jafar, Wakil Presiden Ma'ruf Amin Memaafkan

berikut penjelasannya

5 Desember 2019 17:16 WIB

Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma\'ruf Amin.
Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma'ruf Amin. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Video ceramah Habib Jafar Shodiq dinilai mayoritas kalangan sebagai penghinaan terhadap Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Dalam video yang viral di media sosial itu, Habib Jafar menyinggung ustadz-ustadz bayaran di era sekarang. Dia juga bertanya kepada para jemaah tentang sosok Ma'ruf Amin.

"Maka kalau ada zaman ustadz-ustadz sekarang andai kata ada ustaz-ustaz bayaran, ada ustaz-ustaz target yang di zaman Nabi Muhammad SAW, hidup di zaman Nabi Musa AS sudah berubah menjadi seekor babi," ujar Jafar.


Sering Kontroversi, Muhammadiyah Minta Pemerintah Mendefinisikan Ulang 'Radikalisme'

"Berarti ustaz-ustaz bayaran apa? (Dijawab jemaah: babi). Apa? (babi). Apa? (babi). Saya tanya Maruf Amin babi bukan? (Dijawab jemaah: babi). Babi bukan? (babi)," kata Jafar disambut teriakan jemaah.

Menanggapi video tersebut, Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengungkap bahwa ceramah Habib Jafar Shodiq itu digelar sebelum Pilpres 2019. Ma'ruf Amin menilai pernyataan Habib Jafar Shodiq itu kebablasan.

"Kalau nggak salah itu kan masih dalam rangka pilpres ya, itu kan memang kebablasan lah, kan itu narasi permusuhan, narasi kebencian, berlebihan lah, menurut saya itu tidak baik. Oleh karena itu, supaya tidak diulangi lagilah yang seperti itu," kata Ma'ruf di Istana Wakil Presiden, Jakarta Pusat, Rabu (4/12).

Ma'ruf Amin menegaskan bahwa dirinya telah memafkan dan tidak akan melaporkan Habib Jafar ke polisi. Dia berharap Habib Jafar menyadari kesalahan dan merubah cara bernarasi yang lebih baik.

"Oh tidak, mudah-mudahan tentu dia bisa menyadari saja dan mengubah cara bernarasi, jangan menyampaikan pesan-pesan... agar lebih baik," ujar dia.

"Kalau bagi saya itu memang harus memaafkan orang yang memang lagi, bagaimana yah, di-press. Ya kebablasan saya kira itu," sambung Ma'ruf.

Dituding Hina Ma'ruf Amin, Jafar Shodiq Akhirnya Ditangkap Polisi

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia