logo


Mesin Berteknologi Cerdas Taiwan Unjuk Gigi di Ajang ‘Manufacturing Indonesia 2019’

Indonesia tetap menjadi tujuan yang lebih disukai untuk industri manufaktur dunia

4 Desember 2019 18:26 WIB

ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Bureau of Foreign Trade (BOFT, Taiwan External Trade Development Council (TAITRA) dan Corporate Synergy Development Center (CSD), menghadirkan 90 brand manufaktur asal Taiwan pada perhelatan Manufacturing Indonesia 2019 yang digelar di JIExpo, Kemayoran, Jakarta pada 4-7 Desember 2019.

Beberapa brand manufaktur asal Taiwan yang unjuk gigi dalam perhelatan tersebut yang mendukung industri manufaktur cerdas di booth Taiwan Smart Machinery Pavilion, Hall A2, JIExpo.

Salah satu produsen manufaktur terbesar di Taiwan yang memiliki spesialisasi dalam produksi dan pengembangan mesin CNC, Goodway Machine Corp.


Mengintip Canggihnya Mesin Mining Taiwan di Manufacturing Indonesia 2018

Didirikan pada tahun 1975, dengan produk unggulan mesin chuck CNC lathe 6 inch tipe GLA-1500, yang memiliki ukuran lebih kecil sekitar 30%, jika dibandingkan mesin chuck CNC lathe 6 inch milik Goodway lainnya, sehingga lini produksi jadi lebih ringkas, menghemat ruang pabrik, dan meningkatkan efisiensi kerja.

Selain Goodway, hadir juga produsen manufaktur cerdas Taiwan, Syun Da Technology Co., Ltd, yang menampilkan dua produk andalannya yaitu RealTime MegaBox IOT, sebuah platform untuk mengolah data lintas-perangkat secara realtime, dan Realtime MegaFog IOT yang merupakan pusat komputasi manufaktur cerdas secara realtime.

Taiwan Economic and Trade Office (TETO) di Indonesia menyatakan bahwa pada tahun 2018, industri mesin Taiwan mengalami kenaikan tingkat produksi tahunan ke rekor tertinggi sekitar $39,2 miliar USD.

Industri alat mesin Taiwan telah lama menjadi pesaing yang kuat dengan raksasa industri global, seperti Jerman dan Jepang. Sementara itu, Pemerintah Indonesia telah secara aktif mempromosikan pengembangan industri manufaktur lokal.

Indonesia tetap menjadi tujuan yang lebih disukai untuk industri manufaktur dunia karena merupakan rumah bagi pasar bahan baku yang besar dan memiliki pasokan sumber daya manusia yang kompetitif. Taiwan dan Indonesia memiliki ikatan ekonomi yang erat.

Krist Yen, Deputy Executive Director of Taiwan External Trade Development Council (TAITRA), menyebutkan bahwa Taiwan tetap merupakan salah satu pemasok utama peralatan mesin untuk pasar Indonesia dan akan terus melayani.

Sebagal mitra terbaik bagi Indonesia. Impor peralatan mesin dan aksesoris buatan Taiwan di 2018 mencapai 85 juta dolar AS, angka ini meningkat 23,56% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu dan menjadikan pemasok alat mesin ketiga terbesar di Indonesia, menyumbang 11,79% dari total impor tahunan, yang senilai 724 juta dolar AS.

Dari total mesin bubut dan mesin turning yang diluncurkan pada periode Januari-Desember tahun lalu, Indonesia menyerap sekitar US$ 63 juta senilai peralatan tersebut. Taiwan menyumbang 14,93% dari total senilai US$ 9 juta. Adapun mengenai pusat permesinan, Indonesia mengimpor USD$ 55 juta selama periode yang sama, dengan Taiwan memasok 16% dari persyaratan dalam hal ini, atau sekitar US$ 9 juta.

Ekspor pusat permesinan dari Taiwan ke Indonesia adalah yang tertinggi ke-2 tahun lalu, sedangkan ekspor mesin bubut dan mesin turning dari Taiwan ke Indonesia berada di peringkat ke-3 tertinggi di tahun ini.

Krist Yen juga mencatat bahwa Taiwan menargetkan solusi manufaktur otomotif dan sepeda motor cerdas, pembangun perkakas mesin Taiwan berpasangan dengan Perangkat Otomasi Mesin Tunggal dan Smart Set-Top Box untuk membawa konsep "Visualisasi Produksi" kepada mitra manufaktur Indonesia.

Langkah-langkah tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran di antara produsen lokal Indonesia dan pengunjung tentang bagaimana menerapkan kecerdasan tunggal mesin untuk meningkatkan kualitas manufaktur dan efisiensi pengolahan, mengotomatiskan periferal, mengurangi sumber daya manusia, dan meningkatkan stabilitas, menerapkan pemantauan energi layanan di seluruh pabrik melalui streaming informasi produksi, dan pada akhirnya meningkatkan kecerdasan manufaktur untuk industri manufaktur pengolahan logam lokal.

Kemenkop UKM Fokus Dongkrak Perluasan Pasar Produk-Produk UKM Sektor Riil Unggulan

Halaman: 
Penulis : Admin