logo


Bumikan Pancasila, Jokowi Titip Pesan Lewat “Pamer Bojo”

Simak berita selengkapnya

3 Desember 2019 20:06 WIB

Presiden Joko Widodo
Presiden Joko Widodo sekretariat presiden

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Presiden Joko Widodo memberikan presidential lecture tentang internalisasi dan pembumian Pancasila di Istana Negara, Jakarta, pada Selasa (3/12/2019). Dalam arahannya Jokowi meminta agar anak muda bisa menanamkan nilai-nilai Pancasila. Penanaman nilai-nilai pancasila bisa dari medium komunikasi yang digunakan, tokoh yang mereka ikuti, hingga hal yang menjadi kesukaan anak-anak muda.

Selain memahami medium yang tepat, Presiden juga menggarisbawahi soal hal yang disukai oleh anak-anak muda. Berdasarkan data survei yang diterima Presiden, menurutnya ada tiga hal yang sangat disukai anak-anak muda, yaitu olahraga, musik, dan film.

"Enggak apa-apa, kita nebeng Didi Kempot enggak apa-apa. Titip sama sad boy dan sad girl enggak apa-apa, di sahabat ambyar enggak apa-apa. Titipkan satu lirik di 'Pamer Bojo' enggak apa-apa. Ini media-media memang disukai anak-anak muda kita. Musik itu nomor 2 setelah olahraga," tambahnya.


Jokowi Diminta Larang Anak Ikut Bimbel, Pengamat Pendidikan: Guru-Guru Tidak Bekerja Maksimal

Untuk itu, Presiden mengimbau jajarannya agar mampu melihat potensi-potensi yang ada untuk membumikan Pancasila kepada generasi muda. Menurutnya, saat ini content creator, Youtubers, selebgram, vlogger, dan selebtwit merupakan pihak-pihak yang memiliki peranan penting dalam penyebaran informasi.

"Hati-hati ini paling cepat lewat mereka-mereka ini. Media-media inilah yang akan mempercepat dalam kita membumikan Pancasila," tandasnya.

Jokowi Tolak Usulan Jabatan Presiden Jadi 3 Periode, Fadli Zon: Sangat Bijak Beliau

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati
 
×
×