logo


Suharno, Mahasiswa Cerdas IPB yang Bisa Jadi Jenderal TNI

Simak profil Suharno selengkapnya

3 Desember 2019 09:17 WIB

Ketua Umum Partai Republik, Mayjen TNI (Purn) Suharno.
Ketua Umum Partai Republik, Mayjen TNI (Purn) Suharno. dok. Jitunews

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Mayjen TNI (Purn) Suharno merupakan mantan Kepala Badan Perbekalan TNI tahun 2011-2013 dan jabatan terakhir sebagai Perwira Staff Ahli Tk. III, Bid. Polkamnas, Panglima TNI, 2013 dan Ketua Desk Papua.

Suharno adalah putra dari ibu R.ng. Suharmi Suhardi Ponco Wiloto dan bapak R. Ngabei Supardi Taru Prawiro.

Setelah sang ibu melewati perjuangan untuk melahirkannya, akhirnya Suharno lahir pada Selasa (Pon) tanggal 23 April 1957 pukul 12.00 WIB.


Adjeng Ratna Suminar, Sosok Perempuan dan Politisi Tangguh

Kenapa diberi nama Suharno? Suharmi dan Supardi berharap anaknya bisa membangkitkan, memotivasi sesama agar lebih meningkatkan derajatnya. Kedua orangtuanya berharap Suharno bisa mengayomi dan berguna bagi sesama, serta bagi saudara-saudaranya tanpa pandang tahta maupun kasta.

Suharno tumbuh menjadi anak yang pintar dan pada akhirnya diterima sebagai mahasiswa di IPB pada tahun 1977. Suharno merupakan mahasiswa aktif dengan segudang prestasi.

Lulus dari IPB pada tahun 1982, Suharno bertekad ingin menjadi jenderal. Hal tersebut dilatarbelakangi oleh penolakan dari Mendikbud kala itu terkait ide kegiatan Kongres Ikatan Mahasiswa Teknologi Hasil Pertanian/Industri/Pangan Indonesia dalam rangka menyebarluaskan ide profesional menumbuhkan jiwa wirausaha.

Suharno mendaftarkan diri dan dinyatakan lulus seleksi test Caton Siswa Sepamilwa TA 1982/1983. Suharno kemudian dididik di Secapa AD, Hegarmanah, Bandung. Lulusan sarjana yang masuk militer bisa menduduki jabatan penting berpangkat Perwira Tinggi Bintang Tiga.

Mengukur Jurkam Seleb Cagub DKI, Koalisi Mana Lebih Kuat?

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata