logo


Sering Merasa Lapar? Awas Kamu Masuk Gejala Diabetes Loh, Berikut 5 Ciri Lainnya...

dibates merupakan penyakit yang sulit dapat disembuhkan, maka kenali tubuhmu sebelum terkena lebih parah

2 Desember 2019 17:15 WIB

Makanan Cepat Saji
Makanan Cepat Saji Instagram

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Diabetes telah menjadi ancaman serius pada kesehatan global, tak terkecuali di Indonesia. Dalam data Kemenkes.go.id dikatakan prelevansi diabetes meningkat 8.5% pada tahun 2019.

Sebenarnya, sebelum menginjak ke fase diabetes serius (diabetes tipe 2) ada fase prediabetes. Jika bisa mengenali tanda-tanda dalam fase awal ini, niscaya kesehatan bisa lebih dijaga.

Dilansir dari Alodokter, berikut tanda-tanda seseorang sudah masuk kelebihan gula dan harus waspada masuk ke prediabetes:


Tips Mengatur Keuangan Agar Akhir Bulan Tidak Terasa Pahit

1. Haus dan Sering Buang Air Kecil

Rasa haus saat tubuh kekurangan cairan memang wajar, tapi kita jangan sampai terlena karena sering haus merupakan salah satu indikasi tubuh dalam kondisi kelebihan gula.

Dalam darah terdapat gula dan penumpukan hal itu dalam darah membuat kinerja ginjal bekerja lebih sering. Ginjal memproses dan mengeluarkan gula yang tidak perlu, jadi tubuh akan lebih sering buang air kecil serta menimbulkan rasa haus.

2. Mulut Kering

Ini merupakan ciri kelebihan gula yang paling biasa. Mulut kering lazimnya disebabkan karena tidak bagusnya produksi air liur oleh kelenjar ludah. Hal ini meningkatkan mulut akan risiko terjangkit infeksi jamur dan bakteri.

3. Perubahan Warna Kulit

Kadar gula yang berlebih membuat beberapa bagian tubuh berwarna agak beda dari biasanya. Biasanya itu terjadi pada daerah lipatan tubuh seperti leher dan pada bagian buku jari. Orang yang terindikasi terkena diabetes, akan mendapati bagian tubuh itu berwarna lebih gelap.

4. Penglihatan Kabur

Mata merupakan organ dalam tubuh yang langsung mendapatkan dampak dari meningkatnya gula darah. Mata akan mengalami pembengkakan karena tingginya kandungan gula. Pembengkakan itu akan berimbas penglihatan yang kabur.

5. Cepat Merasa Lelah

Pada dasarnya energi dalam tubuh diproduksi dengan sumber gula. Akantetapi, ketika gula itu lebih banyak dari yang dibutuhkan tubuh, dan rusaknya fungsi ingsulin, produksi energi akan terganggu sehingga tubuh tidak mendapatkan energi tapi malah akan lemas dan cepat lelah.

6. Sering Merasa Lapar

Tanda terakhir seseorang kelebihan gula ialah sering merasa lapar. Saat seseorang sudah terkena diabetes gula dalam makanan tidak akan bisa terserap bagus. Oleh karenanya, penderita diabetes akan terus merasa lapar dan nafsu mengkonsumsi makanan melonjak drastis.

Meningkatnya gula dalam darah erat hubunganya dengan gaya hidup. Olahraga yang teratur menjadi salah satu cara melawan naiknya gula darah. Jika kawan Jitu dirasa punya gaya hidup sehat dan sudah berolah raga teratur tapi merasakan gejala yang ada diatas, sebaiknya segera melakukan pemeriksaan lanjutan.

Wajib Coba! 4 Kegiatan Seru Akhir Pekan yang Ramah Dompet

Halaman: 
Penulis : Gun-Gun