logo


Soal 'Anda Bukan Terjebak tapi Bikin Macet', PDIP: Jakarta Ceritanya Ingin Mengikuti Belanda

Simak berita selengkapnya

1 Desember 2019 10:13 WIB

Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu DPD PDI-P DKI Jakarta, Gembong Warsono.
Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu DPD PDI-P DKI Jakarta, Gembong Warsono. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menemukan tulisan menarik pada kaus sepeda, yakni 'Anda bukan terjebak, tapi bikin macet'.

"Saya pernah suatu seketika bersepeda bersama-sama dengan beberapa teman, lalu ada satu orang pesepeda menggunakan kaos. Kaos itu di belakang ada tulisan besar. Kalimatnya begini, 'Anda terjebak macet? Bukan, Anda bikin macet'. Jadi dia ngirim pesan bukan terjebak macet, sesungguhnya kita sama-sama buat macet," ujar Anies dalam sambutannya di acara Gowes dan Olahraga di Polda Metro Jaya, Senayan, Jakarta Selatan, Sabtu (30/11/2019).

Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI, Gembong Warsono, kemudian menyinggung kondisi Jakarta yang semrawut.


Tito Karnavian Sebut Jakarta Seperti Kampung, Rocky Gerung: Radikal Tuh

"Sekarang orang masih takut menggunakan sepeda, takut keamanannya dan kenyamanan pesepeda kan belum terjamin, dengan situasi semerawut Jakarta seperti ini," ujar Gembong kepada wartawan.

Menurutnya, Anies berupaya mengikuti Belanda dimana sebagian besar masyarakat menggunakan sepeda sebagai transportasi. Gembong menyebut Jakarta masih jauh dari kesan ramah pesepeda.

"Karena kan Jakarta ceritanya ingin mengikuti Belanda, cuma kultur kita sudah berubah, kultur kita sudah terlanjut berubah, jadi sudah kultur yang sudah terbiasa enak," tutur Gembong.

"Kedua persoalannya karena memang Jakarta belum ramah untuk pesepeda, ini problem dua hal yang perlu dituntaskan maka kalau saya dari fraksi PDIP mendorong pertama yang harus didorong pak Anies adalah bagaimana Pak Anies menyediakan transportasi massal yang baik, aman nyaman kan gitu, ketika itu sudah tercapai secara otomatis, yang diharapkan orang untuk pindah ke transportasi massal itu secara otomatis berpindah, ketika perpindahan itu sudah maksimal maka jalur sepeda yang kita dorong, harusnya seperti itu kalau tahapan yang jauh lebih baik," lanjutnya.

Jokowi Redam Pendukungnya yang Benci Prabowo, PDIP: Move On

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata