logo


Pidato Hari Guru Viral, Nadiem: Terus Terang Saya Ketakutan

Berikut pernyataannya

1 Desember 2019 05:45 WIB

Nadiem Makarim
Nadiem Makarim Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim, bercerita mengenai pidato untuk Hari Guru Nasional yang viral. Nadiem mengaku hanya menuliskan apa yang ia rasakan.

"Itu, waktu menulis pidato itu, terus terang saya ketakutan menulis pidato seperti itu. Karena, bayangkan, saya harus menyebut suatu opini personal. Tapi sebagai Mendikbud, tanpa kepastian, apakah saya bisa memperbaiki ketidakadilan itu," ucap Nadiem saat merespons pernyataan peserta diskusi bertajuk 'Konferensi Pendidikan Indonesia 2019' di gedung Kemendikbud, Jalan Sudirman, Jakarta, Sabtu (30/11).

Nadiem mengaku tidak tahu harus bagaimana menyelesaikan masalah guru yang disampaikannya. Namun, ia yakin masalah tersebut adalah tanggung jawab bersama.


Diprotes Nadiem, Sri Mulyani Nyanyikan Lagu Ini

"Jadi harus bisa taruh diri sendiri di luar situ. Oke, ini yang salah atau ini yang sebenarnya nggak adil dalam sistem ini. Saya nggak tahu bagaimana dulu cara benerin-nya. Tapi punya keyakinan itu adalah tanggung jawab kita bersama," kata Nadiem.

Diketahui, dalam pidatonya yang diunggah di situs Kemendikbud pada Hari Guru Nasional, Jumat (22/11) itu, Nadiem berbicara berbagai masalah guru dan mengaku tak akan memberi janji kosong.

Nadiem Makarim Diklaim Sebagai Sosok Populer

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata