logo


Menko PMK Dorong Peningkatan SDM Unggul untuk Generasi Indonesia Emas

Simak berita selengkapnya

30 November 2019 18:55 WIB

Sidang Terbuka Senat Universitas Muhammadiyah Malang
Sidang Terbuka Senat Universitas Muhammadiyah Malang istemewa

MALANG, JITUNEWS.COM – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy memberikan orasi ilmiah pada Wisuda ke-94 Periode IV Tahun 2019 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Kota Malang, Jawa Timur, Sabtu (30/11/2019). Dalam orasinya, Muhadjir Effendy berbicara tentang SDM Unggul dalam rangka mewujudkan generasi Indonesia Emas 2045.

Di hadapan para wisudawan, Menko PMK memaparkan data BPS per Agustus 2019 yang mencatat bahwa kondisi ketenagakerjaan nasional tercatat sebanyak 2,55 juta pencari kerja baru. Dimana tingkat pengangguran terbuka sebesar 5,28% atau 7,05 juta orang. Kondisi tersebut mencerminkan rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia.

“Upaya membangun manusia yang sedang terus kita upayakan memang terhalang dengan banyaknya masalah mulai dari stunting, putus sekolah, pengangguran, dan sebagainya. Inilah yang akan terus ditangani oleh Kemenko PMK selaku kementerian koordinator yang tidak hanya mengkoordinasikan, tetapi juga men-sinkron-kan dan mengendalikan berbagai program kerja kementerian untuk menangani masalah tadi. Mohon doa dan dukungan untuk saya sebagai Menko PMK dalam menjalankan tugas koordinasi ini," ungkap Menko PMK Muhadjir Effedi.


500 Guru DKI Jakarta Ikuti Tes Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia

Muhadjir Effedi juga menjelaskan bahwa dalam rangka mendukung pembangunan SDM berkualitas, mulai tahun 2020 Pemerintah telah menyiapkan Program Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah). KIP Kuliah akan diberikan kepada 400 ribu anak-anak dari keluarga miskin yang diterima kuliah di perguruan tinggi yang memenuhi persyaratan. Selain itu pemerintah juga menyiapkan program Kartu Prakerja yang ditujukan bagi para pencari kerja baru maupun yang terkena PHK, serta untuk menambah keahlian bagi yang sudah bekerja.

Dalam penutup orasinya, Menko PMK ucapkan selamat kepada para wisudawan yang jumlahnya mencapai 1500-an orang dari berbagai jenjang kesarjanaan dan diploma.

PPDB Sistem Zonasi, Mendikbud: Era Sekolah Favorit Sudah Selesai

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati