logo


Kementerian PUPR Salurkan Program Bedah Rumah untuk 1.000 RLTH

Berikut ulasannya

30 November 2019 10:15 WIB

Program bedah rumah Kementerian PUPR
Program bedah rumah Kementerian PUPR Kementerian PUPR

PARIAMAN, JITUNEWS.COM - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan menyalurkan program bedah rumah untuk 1.000 unit rumah tidak layak huni (RTLH) di Kota Pariaman Provinsi Sumatera Barat.

Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR, Khalawi Abdul Hamid, mengatakan bahwa program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas rumah masyarakat yang tidak layak huni.

Program BSPS dilaksanakan Kementerian PUPR secara tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Hal itu dilaksanakan untuk mengurangi jumlah sekaligus meningkatkan kualitas RTLH agar menjadi lebih layak huni.


PUPR Gandeng Kemenag dalam Pembangunan Kampus UIII Sebagai Kampus Penelitian Peradaban Islam

Bantuan bedah rumah atau BSPS yang diberikan kepada masyarakat adalah peningkatan kualitas rumah swadaya senilai Rp. 17,5 juta. Bantuan tersebut diberikan dalam bentuk bahan material bangunan Rp 15 juta dan upah tukang senilai Rp 2,5 juta.

Selain program BSPS, Kementerian PUPR juga telah membangun sebanyak 50 unit rumah khusus bagi para nelayan tidak jauh dari Pantai Gandoriah. Salah seorang penghuni rumah khusus bernama Rita menyatakan keluarganya sangat terbantu dengan adanya program rumah khusus nelayan dari Kementerian PUPR.

"Dulu kami tinggal dengan mengontrak rumah dan kondisinya ya seadanya. Kamar hanya satu dan biaya sewanya pun cukup tinggi. Sekarang kami bisa tinggal di rumah khusus nelayan dengan nyaman dan didalamnya ada dua kamar, kamar mandi dan rumahnya pun bagus," kata Rita dalam siaran pers yang diterima Jitunews, Sabtu (30/11).

Inovasi Terbaru, Kementerian PUPR Luncurkan Sistem Pemetaan Rumah Terdampak Bencana

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata