logo


SMK-SMTI Makassar Luluskan 166 Siswa yang 100% Tersertifikasi

Dilakukan juga penandatanganan MoU antara SMK-SMTI Makassar dengan pihak Industri.

29 November 2019 20:48 WIB

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri Eko S. A. Cahyanto
Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri Eko S. A. Cahyanto Dok. SMK-SMTI Makassar

JAKARTA, JITUNEWS.COM - SMK-SMTI Makassar meluluskan 166 siswa dari dua program keahlian, yaitu Kimia Industri dan Pengawasan Mutu. Wisuda ke-53 yang berlangsung di Hotel Claro Makassar, Rabu (27/11), dipimpin oleh Muhammad Sabri selaku Kepala SMK-SMTI Makassar. Beberapa pejabat di lingkungan Kementerian Perindustrian juga hadir, di antaranya yaitu Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri Eko S. A. Cahyanto, Kepala PPKV M. Arifin, Kepala Bidang Pengembangan Pendidikan Kejuruan Industri Setyo Pramono, Gubernur Sulawesi Selatan yang diwakili oleh Kepala Dinas Perindustrian Provinsi Sulawesi Selatan Ahmadi.

“Sertifikasi kompetensi 166 lulusan telah diraih, selain itu para lulusan telah mengikuti sertifikasi internasional oleh Vapro Belanda dan Cambridge English,” kata Muhammad Sabri.


Permata Bank Gandeng Smartfren Optimalkan Pemasaran Digital Bagi Usaha Rintis SMK

“SMK-SMTI Makassar sebagai unit pendidikan vokasi industri disiapkan sebagai pusat penyedia tenaga industri. Sekolah vokasi harus mampu menyiapkan lulusannya tenaga tenaga terampil yang tanggap dengan perkembangan industri dan menjadi bagian akselerasi transformasi industri 4.0,” imbuh Eko S. A. Cahyanto.

Sambutan berikutnya dilanjutkan oleh Kepala Dinas Perindustrian Sulawesi Selatan yang mewakili Gubernur Sulawesi Selatan.

“Kepada para wisudawan saya mengucapkan selamat atas keberhasilan anda dalam menyelesaikan pendidikan. Anda harus tetap berjuang di masyarakat, jangan cepat puas dengan apa yang Saudara raih saat ini, teruslah belajar untuk menambah pengetahuan dan keterampilan. Semoga semua wisudawan dapat sukses dalam mengarungi dunia kerja," ucap Ahmadi.

Dalam kesempatan ini, dilakukan juga penandatanganan MoU antara SMK-SMTI Makassar dengan pihak Industri sebagai mitra kerjasama pengembangan pendidikan vokasi dual system.

Prosesi wisuda ini juga menampilkan produk-produk kreatif dari hasil pembelajaran siswa, antara lain inovasi produk pengolahan kakao, rumput laut, dan rangkaian IoT yang merupakan pilar teknologi di era revolusi industri 4.0.

Acara wisuda angkatan ke-53 ini diisi oleh beberapa rangkaian acara seremonial, antara lain pembukaan, laporan Kepala SMK-SMTI Makassar, hingga penyerahan ijazah. Namun, kemeriahan acara wisuda tidak berakhir sampai di situ. Rangkaian acara hiburan juga turut meramaikan acara. Diantaranya yaitu penampilan tari dan paduan suara oleh ekskul Atap Sen-tra. Sebagai pembuka, tari Pakurru Sumanga’ ditampilkan. Kemudian dilanjutkan tari kreasi Bahana Budaya yang ditampilkan dalam bentuk koloborasi penari dan paduan suara. Tari ketiga, tari kreasi dari Suku Dayak dipersembahkan. Terakhir, tari kreasi pa’rasanganta yang berisi gerak tari dari empat etnis di Sulawesi Selatan. Penampilan paduan suara SMK-SMTI Makassar juga tak mau ketinggalan meramaikan acara. Penampilan beberapa lagu wajib, lagu daerah, hingga lagu pop juga ditampilkan.

Alumni Sekolah Tinggi Perikanan Gelar Ngampoeng Fun Run 2017

Halaman: 
Penulis : Vicky Anggriawan